Senin, 7 Mei 2018 20:47

Kapolres Cimahi Larang Aksi Sweeping Saat Aksi Mogok Angkot Besok

Reporter : Fery Bangkit 
Angkutan Kota.
Angkutan Kota. [Limawaktu]

Limawaktu.id - Kapolres Cimahi, AKBP Rusdi Pramana Suryanaga melarang ada aksi sweeping bila unjuk rasa jadi dilaksanakan para pengemudi Angkutan umum alias Angkot pada Selasa (8/5/2018).

"Tidak boleh ada swepping ilegal, ilegal itu dikatakan ilegal karena tidak berizin karena bukan orang yang mempunyai kewenangan untuk melakukan razia atau swepping," tegasnya saat ditemui di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Senin (7/5/2018).

Wacananya, unjuk rasa dengan menggelar aksi mogok beroperasi itu akan dilaksanakan dari Selasa (8/5/2018) hingga Jum'at (11/5/2018). Wacana aksi mogok itu merupakan bentuk protes atas belum terealisasinya di lapangan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan Sewa Khusus Tidak dalam Trayek.

Bila aksi tersebut jadi dilaksanakan, Polres Cimahi sendiri menyatakan siap mengamankan jalannya aksi mogok angkot yang diselenggarakan oleh Wadah Aliansi Aspirasi Transportasi (WAAT) Jawa Barat.

"Aksi mogok angkot tidak dilarang, dengan catatan tidak boleh ada aksi kekerasan maupun anarkisme," Rusdy.

Sebagai penanggungjawab bidang kemanan di wilayah hukum Polres Cimahi, ujar Rusdy, tahun ini adalah tahun politik sehingga pihaknya tidak ingin adanya gangguan keamanan dalam aksi mogok nanti.

"Bila terjadi gangguan keamanan dalam aksi tersebut kami siap menindak tegas para pendemo yang melakukan aksi swepping ataupun aksi kekerasan  dan memancing keributan," tandasnya.

Di tempat sama, Kepala Seksi Angkutan Dinas Perhubungan Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, pihaknya siap melakukan antisipasi aksi mogok angkot tersebut dengan melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian dan Kodim 0609 Kabupaten Bandung.

"Untuk menolong masyarakat yang ditengarai akan terlantar bila aksi mogok tersebut tetap berjalan kami akan mengerahkan mobil bantuan seperti truk Satpol PP Kota Cimahi, Truk Dalmas Polres Cimahi dan truk milik Kodim 0609 Kabupaten Bandung," bebernya.

Baca Lainnya