Jumat, 29 Mei 2020 14:48

Kapan Wisata di Lembang Buka? Ini Jawaban Aa Umbara

Penulis : Fery Bangkit 
Obyek Wisata Lembang.
Obyek Wisata Lembang. [Foto istimewa]

KBB - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menyebutkan, sudah menggelar pertemuan dengan pengusaha pengusaha wisata, restoran, dan hotel di Kabupaten Bandung Barat (KBB)

Pertemuan tersebut membahas mengenai persiapan pembukaan obyek wisata meskipun saat ini belum ada kepastian mengenai pelaksanaan new normal mengingat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Jawa Barat.

"Betul tadi sudah kumpul dengan pengusaha wisata, restoran, dan hotel karena akan dibuka saat new normal. Walaupun gubernur bilang ada perpanjangan PSBB Jawa Barat, tapi persiapan harus tetap dilakukan sambil menunggu kepastiannya," kata Aa Umbara, Jumat (29/5/2020).

Namun, dirinya memastikan tatanan baru atau new normal di tengan pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19 tidak akan dilaksanakan pada 1 Juni mendatang. Pihaknya masih menunggu arahan dari Gubernur Jawa Barat mengingat saat ini ada perpanjangan PSBB.

"New normal dipastikan tidak akan dilaksanakan 1 Juni. Tapi kita bisa bilang pembukaan wisata ditargetkan bulan Juni nanti bisa dilaksanakan tentunya saat new normal dilakukan juga," ungkap Aa Umbara.

Berdasarkan evaluasi Pemprov Jabar, KBB sendiri masuk zona biru penyebaran virus korona sehingga bisa menerapkan new normal di sebagian wilayah yang tak ada sebaran Covid-19. Tercatat ada 13 RW yang masuk zona biru.

"Di lingkungan desa yang RW-nya ada kasus positif itu bisa dilakukan new normal, bagaimana melakukan perbaikan ekonomi, obyek wisata beroperasi lagi," terangnya.

Saat obyek wisata akhirnya dibuka, pihaknya sudah mengingatkan agar pengelola menerapkan protokol kesehatan terhadap pengunjung sebagai upaya meminimalisir penyebaran Covid-19.

"Wajib menerapkan protokol kesehatan, semua pengelola sudah sanggup. Seperti membatasi pengunjung, menerapkan social dan physical distancing. Karena kalau ada yang positif di salah satu obyek wisata, nanti semua obyek wisata kita tutup lagi," pungkasnya.

Seperti diketahui, seluruh objek wisata di KBB sudah ditutup sejak beberapa bulan terakhir karena pandemi Covid-19. Kawasan wisata Lembang yang biasanya banjir pengunjung di setiap libur panjang kini terlihat lengang. 

 

Baca Lainnya