Jumat, 10 Mei 2019 15:46

Kanker Serviks jadi Hantu Menakutkan, Ajay Dorong Warga Rutin Iva Test

Kunjungan Tim Verifikasi IVA Test Tingkat Nasional di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5/2019)
Kunjungan Tim Verifikasi IVA Test Tingkat Nasional di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5/2019) [ferybangkit]

Limawaktu.id - Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna menilai, kanker serviks masih menjadi momok menakutkan bagi perempuan. Termasuk di Kota Cimahi.

Hal itu disampaikannya usai menerima kunjungan Tim Verifikasi IVA Test Tingkat Nasional di Kelurahan Karangmekar, Jalan Lurah, Jumat (10/5/2019). Hadir juga dalam acara itu Ketua PKK Jawa Barat Atalia Praratya Kamil dan Ketua PKK Kota Cimahi, Luciani Priatna.

"Salah satu yang menjadi hantu, momok masyarakat itu, (terutama) kaum perempuan yaitu penyakit kanker serviks," ujar Ajay.

Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, Ajay mendorong masyarakat, terutama Pasangan Usia Subur (PUS) untuk mengikuti IVA Test. Sebab, kata dia, di setiap kelurahan pihaknya melalui PKK membuka pelayanan IVA Test.

"Di setiap kelurahan, ada waktunya. Senin dan Kamis dibuka untuk konseling dan diskusi. PKK juga terus jemput bola," katanya.

Dikatakannya, pihaknya melalui kader PKK, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan berbagai unsur terkait lainnya bakal terus berupaya untuk melakukan pencegahan terhadap kanker serviks. 

Kota Cimahi sendiri menjadi daerah terpilih untuk mewakili Jawa Barat pada lomba IVA Test tingkat nasional. Kali ini, yang diikutsertakan adalah RW 04 Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

"Alhamdulillah Karangmekar menjadi salah satu kontestan untuk diverifikasi dalam kegiatan IVA Tes nasional," pungkasnya.

Baca Lainnya