Kamis, 5 April 2018 23:35

Kamis Nyunda Diberlakukan April ini di Cimahi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Lembaga Kebudayaan Cimahi menyambut program yang digulirkan Pemkot Cimahi terkait dengan program Kamis nyunda yang mulai diberlakukan pada April 2018.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Kebudayaan Cimahi Dede Syarif disela kegiatan ngadu bako atau diskusi Kamis Nyunda di Pendopo DPRD Kota Cimahi.

“Setiap Kamis sore kami melakukan diskusi tentang budaya, kesenian, aksara sunda dan segala hal tentang Kasundaan, di Pendopo DPRD Kota Cimahi,” ujarnya, Kamis (5/4).

Menurutnya, pihaknya menilai positif apa yang diprogramkan Pemkot Cimahi untuk kembali mengangkat budaya sunda di lingkungan pemerintah tersebut.

“Peraturan Wali Kota terkait dengan Kamis Nyunda ini akan segera dikeluarkan pak Wali Kota Cimahi,” sebutnya.

Sementera, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatna membenarkan pihaknya akan mewajibkan aparatur sipil negara di kota cimahi pada kamis minggu pertama dan ketiga untuk mengenakan pakain sunda saat jam kerja.

Nantinya, kata Ajay, setiap pegawai pria akan mengenakan iket dan pangsi (pakaian khas, Sunda, Red) saat bekerja di lingkungannya masing-masing, sedangkan pegawai wanita akan mengenakan kebaya Sunda.

“Nantinya, setiap ASN di lingkungan Pemkot Cimahi dan para guru di sekolah diharuskan mengenakan pakaian sunda, ini dilakukan sebagai bentuk mengangkat dan memelihara kearifan lokal,” paparnya.

Baca Lainnya