Kamis, 11 Agustus 2022 6:56

Kadisjas Taekwondo Championship 2022 Siap Digelar

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Dinas Jasmani (Disjas) TNI Angkatan Darat menyatakan kesiapannya untuk menggelar Kejuaaraan Taekwondo yang akan digelar pada 17 dan 18 September 2022. Hal itu disampaikan Kepala Disjas TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Aminudin, Sip saat silaturahmi dengan Pengurus KONI Kota Cimahi serta Pengurus Taekwondo Indonesia Kota Cimahi dan Provinsi Jawa Barat.Bahkan kejuaraan yang akan memperebutkan hadiah Rp36 Juta tersebut mendapat dukungan dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat.

Kepala Disjas TNI AD Brigjen Aminudin Sip mengungkapkan, pihaknya sudah menerima lebih dari 360 peseta dan yang membooking sudah seribu, dengan target peserta 1500 orang untuk berbagai kategori. Tak hanya itu, pihaknya juga sudah mendapatkan restu dari Kasad untuk menggelar Kejuaraan Taekwondo ini.

“Mudah-mudahan disela kesibukannya Bapak Kasad bisa menghairi kegiatan ini,” terangnya, Kamis (11/8/2022).

Menurut Aminudin, Kejuaraan ini dilaksanakan bersama antara KONI Kota Cimahi dan Persatuan Taekwondo Kota Cimahi dan Jawa Barat, untuk mendukung persiapan para atlet yang akan berlaga di Porprov 2022 ini. Koni Kota Cimahi memiliki target untuk meningkatkan prestasinya lebih baik diajang Porprov Jawa Barat.

“Kami ikut mendukung prestasi atlet Kota Cimahi agar bisa lebih berprestasi lagi, karena kami memiliki sarana olahraga yang bagus untuk digunakan sebagai tempat latihan para atlet,” katanya.

Ketua Umum KONI Kota Cimahi Aries Permono mengatakan, karena pemerintah daerah belum bisa menyiapkan sarana olahraga yang memadai, pihaknya melakukan terobosan melalui kerjasama dengan Disjas TNI AD untuk memanfaatkan sarana yang ada bagi pembinaan para atlet Kota Cimahi.

“Kami dan para Cabor Alhamdulillah bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di Disjas ini untuk sarana latihan tanpa harus mengeluarkan biaya sewa, sehingga dana yang ada bisa digunakan untuk pembinaan yang lebih bagus,” jelasnya.

Dikatakannya, Kejuaraan Taekwondi Disjas TNI AD ini merupakan paling besar di Indonesia yang pertama diadakan di Disjas TNI AD.

“Kami harapkan akan lahir atlet berprestasi bagi bagi Jawa Barat maupun Indonesia,” pungkasnya.

Diberitakan Limawaktu.id sebelumnya, Kejuaraan yang digagas Kepala Disjasad Brigjen TNI Aminudin, S.I.P. ini terbuka untuk umum dan TNI AD serta Polri, memperebutkan total hadiah Rp36 juta untuk juara 1, 2, dan 3 setiap kategori.

Ketua Pelaksana Taekwondo Championship 2022 Taufik Krisna, S.AP., M.Si, M.Pd. menjelaskan, kategori-kategori yang dipertandingkan dalam gelaran itu antara lain Superkids (usia anak 5-7 tahun), Pra-Kadet, Kadet, Junior, dan Senior. Tak hanya itu, pihaknya juga mempertandingkan Poomsae khusus untuk veteran.

 “Usia 40, 50 dan 60 masih bisa ikut. Tapi di kategori Poomsae,” imbuh Taufik dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kadisjasad, Se;asa (28/06/2022) sore.

Menurutnya, pihaknya menargetkan 1.500 peserta yang berpartisipasi. Jika angka itu terlampaui, maka animo masyarakat terhadap kejuaraan ini baik.

Taufik mengungkapkan, panitia kejuaraan tidak hanya sekedar ingin merangkul junior-junior saja. Lebih dari itu ia berharap dengan adanya anak usia dini yang berpartisipasi bisa mengalihkan mereka dari paparan gadget.

“Olahraga ini bukan hanya sekedar aktivitas gerak, tapi juga membentuk karakter. Kalau kita mempersiapkan anak-anak untuk kejuaraan seperti Taekwondo Championship ini, kita perlu preparation. Mereka latihan, yang sehari-harinya sore main game, mereka jadi harus berlatih,” papar Taufik.

Lebih lanjut lagi ia mengungkap, pihaknya juga ingin menggiatkan UMKM yang mungkin sempat lesu selama pandemi. Panitia akan mencoba membuat bazaar yang besar dan meriah dalam even ini supaya para pelaku UMKM datang ke turnamen.

     

Baca Lainnya

Topik Populer