Senin, 31 Januari 2022 17:40

Kadin Kota Cimahi Fasilitasi Warga Mendapatkan Bantuan Modal bjb Mesra

Reporter : Bubun Munawar
Warga Setiamanah menyerahkan berkas kepada Acount Officer Banj bjb Cabang Cimahi Kris TRiyono, didamping pengurus Kadin Zaki Zimmatillah dan Vinny Merviani, di Bank bjb Cabang Cimahi, Senin (31/1/2022).
Warga Setiamanah menyerahkan berkas kepada Acount Officer Banj bjb Cabang Cimahi Kris Triyono, didamping pengurus Kadin Zaki Zimmatillah dan Vinny Merviani, di Bank bjb Cabang Cimahi, Senin (31/1/2022). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Sekitar 200 Kepala Keluarga di Kota Cimahi bakal mendapatkan bantuan modal usaha dari Bank bjb, yang digulirkan Bank bjb Cabang Cimahi. Hal itu terlihat saat sejumlah warga Kelurahan Setiamanah Kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi mengisi sejumlah formulir yang disediakan oleh Bank bjb Cabang Cimahi, pada Senin (31/1/2022). Warga yang tergabung dalam kelompok usaha tersebut difasilitasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cimahi.

Account Officer Bank bjb Cabang Cimahi  Kris Triyono menyebutkan melalui Progran bjb Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) yang merupakan kolaborasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat ini memberikan bantuan modal kepada masyarakat pra sejahtera.

“Warga sekitar rumah ibadah semua keyakinan memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan bantuan modal dari bank bjb. Warga sekitar masjid, gereja, pura, wihara, atau kelenteng bisa dengan mudah mengakses Kredit Mesra ini,” jelasnya

Bjb Mesra ini dimaksudkan untuk membantu masyarakat prasejahtera untuk mendapatkan bantuan modal sebesar Rp5 juta untuk digunakan dalam kegiatan ekonomi masyarakat, dengan syarat yang mudah tanpa agunan cukup melengkapi KTP, Kartu KK dan Surat Nikah.

“Selain untuk mensejahterakan masyarakat, bjb Mesra juga digulirkan untuk mengantispasi menjamurnya bank emok atau bank keliling,” bebernya.

Kredit Mesra merupakan unggulan Jabar Juara, dengan  menggandeng bank bjb untuk ikut berperan aktif dalam agenda percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui penyaluran kredit tanpa agunan.

Dikatakannya, agar penggunaan modal usaha ini tepat sasaran, pihaknya melakukan dua kali pelatihan kepada warga yang mendapatkan bantuan, sehingga dana yang diterima benar-benar digunakan untuk kegiatan ekonomi.

“Kami Bank bjb ibaratnya tak hanya memberikan ikan tapi juga memberikan kailnya, sehingga masyarakat bisa melakukan kegiatan usaha,” paparnya.  

Wakil Ketua Kadin Bidang UMKM Zaki Zimmatillah Zukfikar,  bersama pengurus Kadin Kota Cimahi  Vinny Merviani yang hadir mendampingi warga menyatakan, pihaknya menjadi fasilitator bagi masyarakat Cimahi dalam mendapatkan bantuan modal yang cukup ringan apalagi tanpa agunan.

“Merajelalanya bank emok sangat mengkhawatirkan masyarakat, karena bank emok menerapkan bunga yang tinggi, biasnya mereka menyasar emak-emak untuk meminjam uang, ” ucapnya.

Dengan adanya kredit bjb Mesra ini Zaki menilai merupakan sebuah langkah positif untuk membantu masyarakat prasejahtera mendapatkan modal usaha tanpa agunanan sepesesrpun.

Penerima manfaat merupakan sebuah kelompok usaha minimal 5 orang dan maksimal 10 orang dengan kegiatan usaha yang beragam. Sebelumnya, Kadin Cimahi melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada warga yang akan mendapatkan bantuan sekitar November 2021 lalu.

“Setelah penerima manfaat menyelesaikan cicilannya selama satu tahun, selanjutnya bisa mendapatkan fasilitas lainnya dari bank bjb,” pungkasnya.

 

 

 

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer