Jumat, 21 Oktober 2022 20:32

Kacifest Bangkitkan Perekonomian Pasca Pandemi

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Ada hal menarik dilakukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Cimahi ditengah lesunya geliat ekonomi masyarakat. Organisasi yang menghimpun para pengusaha barang dan jasa di Kota Cimahi ini bersama Komunitas UMKM Kelurahan Cibabat menggelar kegiatan yang bertajuk Kadin Cimahi Festival (Kacifest), di Pelataran Pandiga Educreation dan Sport Kelurahan Cibabat Kecamatan Cimahi Utara, pada Jum’at (21/10/2022).

Kacifest 2022 ini selain menggelar bazzar UMKM dari masing-masing kelurahan se Kota Cimahi, juga dimeriahkan sajian live musik, talkshow  dan pagelaran seni budaya.

“Kegiatan ini dilakukan untuk membangkitkan lagi gairah para pelaku UMKM setelah selama dua tahun dihantam pandemi Covid-19, “ terang Ketua Kadin Kota Cimahi Yupi Sopiansyah disela-sela kegiatan Kacifest 2022.

Menurut dia, Kadin ingin kembali membangun mental para pelaku UMKM untuk kembali bangkit melakukan aktivitas ekonominya serta melakukan usaha, karena para pelaku UMKM ini adalah penopang ekonomi nasional.

Yupi menambahkan, dalam mendukung peningkatan ekonomi para pelaku UMKM di Kota Cimahi, Kadin sudah melakukan pelatihan-pelatihan, mensuport secara mental, maupun memfasilitasi proses pembuatan perijinan.

“Kadin ini hanya fasilitator bagi para pelaku UMKM dalam memenuhi kebutuhan para pelaku usaha seperti perijinan ataupun permodalan, kita memfasilitasi secara maksimal apa yang dibutuhkan UMKM,” jelasnya.

Menanggapi digelarnya Kacifest 2022, Tantri, salah seorang pelaku UMKM asal Kelurahan Cibeureum mengatakan, dirinya merasa senang bisa berpartisipasi dalam bazzar UMKM yang digelar Kadin dan Kelurhan Cibabat. Dia berharap kegiatan seperti ini untuk kembali dilaksanakan dengan kegiatan yang lebih besar dan pengunjung yang lebih banyak lagi.

“Kegiatan ini sangat menarik untuk meningkatkan peluang perekonomian,” katanya.

     

Baca Lainnya

Topik Populer