Senin, 12 Juni 2023 16:24

Kabupaten Bandung Surga Kopi di Jawa Barat

Penulis : Wawan Gunawan
upati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna saat meninjau produksi kopi  CV. Ko'ma Pangalengan. Senin  (12/6/23)
Bupati Bandung Dr. HM Dadang Supriatna saat meninjau produksi kopi CV. Ko'ma Pangalengan. Senin (12/6/23) [Tangkapan Layar ]

Limawaktu.id, Bandung. Kabupaten Bandung merupakan daerah produsen Kopi terbesar di Jawa Barat, Memiliki lahan seluas 13.378,18 hektare, Kabupaten Bandung bisa menghasilkan kopi mencapai 7.680,37 ton/tahun.

Adapun beberapa kecamatan penghasil kopi adalah Kecamatan Cimenyan, Cilengkrang, Cicalengka, Nagreg, Ibun, Kertasari, Pangalengan, Cimaung, Pasirjambu, Rancabali, Ciwidey, Pacet, Soreang, Ciparay dan Kecamatan Arjasari.

“Lebih dari 50% total luas perkebunan kopi arabika Jawa Barat berada di daerah kita ini. Maka, dapat diartikan bahwa Kabupaten Bandung merupakan surga kopi Jawa Barat,” terang Bupati Bandung Dadang Supriatna, di akun instagramnya, Senin (12/6/2023).

Menurut dia, Kualitas kopi asal Kabupaten Bandung sudah teruji hingga skala internasional. Antara lain dengan dinobatkannya kopi asal Gunung Puntang sebagai juara dalam Specialty Coffee Association of America Expo di Atlanta, Amerika Serikat pada 2016 lalu.

Saat mengunjungi Kabupaten Bandung beberapa waktu lalu, Pak Presiden Jokowi menyampaikan kopi Kabupaten Bandung terbaik dan termahal di dunia. Mudah-mudahan potensi ini bisa memiliki pasar lebih luas, sehingga akan berdampak pada peningkatan ekonomi para petani kopi.

“Saya yakin kehadiran pabrik kopi Ko'ma Agro Djaya Abadi ikut memberdayakan para petani khususnya di Pangalengan, sehingga dapat mendorong peningkatan perekonomian petani setempat,” katanya.

Saat ini, jelas dia, tidak hanya persaingan di hilir, harga kopi di hulu juga harus menjadi perhatian.

“Saya harap CV Ko'ma ini bisa menjadi offtaker yang memberikan pendampingan sekaligus membelinya dengan harga tinggi. Dengan begitu kesejahteraan para petani pun akan meningkat,” jelasnya.

Baca Lainnya