Rabu, 29 November 2023 21:55

Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara: Bukti Nyata Komitmen di Bidang Kesehatan

Penulis : DP
Penerimaan Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Penerimaan Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. [*]

Limawaktu.id, Bandung – Kabupaten Bandung kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional dengan meraih Penghargaan Swasti Saba Wistara dari Kementerian kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan ini merupakan penghargaan ke-230 yang diraih Bupati Dadang Supriatna selama masa jabatannya yang baru berjalan 2,5 tahun.

Penghargaan ini diterima langsung oleh Bupati Dadang Supriatna di Kempinski Hotel, Mall Indonesia, Jakarta, pada Selasa (28/11/2023) malam. Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi oleh Asisten Ekbang Pemkab Bandung H Marlan, Asisten Administrasi Umum Nina Setiana, Asisten Pemkesra Ruli Hadiana, serta jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung.

Swasti Saba Wistara adalah predikat tertinggi dalam bidang kesehatan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada kabupaten/kota yang berhasil memenuhi sejumlah syarat sebagai daerah yang sehat. Prestasi ini menegaskan komitmen Kabupaten Bandung dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

"Alhamdulillah Kabupaten Bandung menerima penghargaan Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan level tertinggi bagi kabupaten/kota di Indonesia dalam bidang kesehatan," ujar Bupati Dadang Supriatna usai menerima penghargaan.

Untuk meraih penghargaan ini, Kabupaten Bandung harus memenuhi berbagai syarat yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, termasuk ketersediaan sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, seperti rumah sakit, puskesmas, dan posyandu.

Bupati Dadang menegaskan bahwa pembangunan lima rumah sakit baru dan puskesmas oleh Pemkab Bandung menunjukkan keseriusan dalam menciptakan daerah yang sehat. Selain itu, fasilitas kesehatan tersebut harus dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai.

"Yang paling utama, Kabupaten Bandung dinilai telah menunjukkan komitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat. Hal ini mencakup pelayanan medis, pelayanan kesehatan ibu dan anak, serta pelayanan kesehatan masyarakat," tambahnya.

Selain itu, Bupati juga mengapresiasi derajat kebersihan dan sanitasi lingkungan di Kabupaten Bandung yang dinilai sangat baik oleh Kementerian Kesehatan. Prestasi ini diraih berkat pengelolaan limbah yang baik, pengendalian vektor penyakit, serta peningkatan akses air bersih dan sanitasi yang layak.

"Di samping itu, Kabupaten Bandung juga melibatkan masyarakat dalam upaya meningkatkan kesehatan, seperti melalui penyuluhan kesehatan, pembentukan kelompok-kelompok kesehatan masyarakat, dan partisipasi aktif masyarakat dalam program-program kesehatan," ungkap Dadang Supriatna.

Sebagai Ketua PKB Kabupaten Bandung, Bupati Dadang Supriatna mengucapkan terima kasih kepada jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, para ASN, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bandung yang telah bekerja keras bersama-sama mewujudkan Kabupaten Bandung yang sehat.

"Penghargaan ini saya dedikasikan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bandung. Semoga derajat kesehatan masyarakat Kabupaten Bandung semakin meningkat dari tahun ke tahun dan ujungnya akan mengangkat IPM (Indeks Pembangunan Manusia) kita," ujar mantan Anggota DPRD Jabar tersebut.

Baca Lainnya