Senin, 25 September 2017 18:25

Kabupaten Bandung Juara Umum Jambore Peternakan Nasional

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran Disela Acara Jambore Peternakan Nasional
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran Disela Acara Jambore Peternakan Nasional [limawaktu dok]

Limawaktu.id,- Sebagai salah satu Kabupaten/ Kota di Jawa Barat yang berpotensi di bidang peternakan domba, Kabupaten Bandung berhasil menjadi juara umum dalam Jambore Peternakan Nasional tahun 2017, yang dipusatkan di Bumi Perkemahan dan Taman Wisata Cibubur pada tanggal 22 sampai 24 september 2017.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bandung Tisna Umaran menjelaskan, dari 700 orang peserta dan 1.200 ekor domba yang dilombakan dengan berbagai kategori, domba asal Kabupaten Bandung mendominasi.

"Dari Kabupaten Bandung kita kirimkan 92 ekor domba hasil seleksi sebelumnya. Karena unggul mendominasi beberapa kategori, makanya kita juara umum," kata Tisna saat ditemui di ruang kerjanya, senin (25/9).

Lebih lanjut Tisna mengatakan, walaupun berbagai kontes nasional telah diikuti para peternak Kabupaten Bandung, namun momen ini adalah kontes piala presiden yang diikuti pertama kalinya.

Pada intinya, lanjut Tisna, kontes ini diharapkan bisa lebih meningkatkan sisi budidaya dan teknologi, apakah dari segi pangan dan peternakan ataupun mengenai pemeliharaan. "Sehingga lebih maksimal untuk menghasilkan domba yg berkualitas. Sesungguhnya Plasmanutfah dari Kabupaten Bandung itu sangat bagus sebagai bibit, bisa dibilang gudangnya domba garut," jelasnya.

Selain itu, ucap Tisna, dalam pembinaan peternak, tentu harus terjalin komunikasi yang intensif antara pemerintah, peternak dan dunia usaha sehingga semua hambatan bisa teratasi, bahkan kata Dia, pihaknya akan memfasilitasi untuk event serupa tahun depan.

"Dari pemkab akan memfasilitasi untuk event tingkat Kabupaten, rencananya tahun depan. Dengan menjadikan momentum kontes baik tingkat provinsi atau nasional, sebagai barometer keberhasilan pembangunan peternakan domba d Kabupaten Bandung," ucapnya (lie).

Arief Budiman Dwi Cahyadi
Arief Budiman Dwi Cahyadi

Dombana gagah pa

25 September 2017 19:10 Balas