Rabu, 19 Mei 2021 15:03

Jumlah Penerangan Jalan di Cimahi Belum Ideal

Reporter : Bubun Munawar
Penerangan jalan sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga kriminalitas di Kota Cimahi.
Penerangan jalan sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga kriminalitas di Kota Cimahi. [humas]

Limawaktu.id,- Jumlah penerangan jalan di Kota Cimahi dinilai belum ideal dengan kebutuhan yang sesungguhnya, menyusl dengan bertambahnya pemukiman baru di Kota Cimahi. Hingga saat ini menurut data yang dihimpun di Dinas Perhubungan Kota Cimahi, saat ini ada 16.497 titik penerangan se Kota Cimahi.

Kepala Bidang Angkutan dan PJU Dinas Perhubungan Kota Cimahi Sumanto menyebutkan, Tahun ini, pihaknya merencanakan ada penambahan penerangan. Sebab, penerangan jalan sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas hingga kriminalitas di Kota Cimahi.

"Belum (ideal), masih jauh. Kan pemukiman juga nambah terus," sebutnya, kepada awak media,  Rabu (19/5/2021).

 Menurutnya, pemasangan penerangan tersebut hanya akan dilakukan untuk Penerangan Jalan Gang (PJG)  sebanyak 514 titik dan Penerangan Jalan Lingkungan (PJL)  sebanyak 31 titik. Pemasangan penerangan rencananya akan dilaksanakan pada Triwulan III tahun anggaran 2021.

Dia menlanjutkan, jumlah penerangan yang sudah terpasang di antaranya 3.480 titik Penerangan Jalan Umum (PJU), 4.221 Penerangan Jalan Lingkungan (PJL) dan 8.796 Penerangan Jalan Gang (PJG).

"Rencananya kita mulai pasang pada Triwulan III. Tapi hanya untuk PJG dan PJL saja," ujarnya.

 Estimasi anggaran untuk penambahan PJG dan PJL tahun ini cukup besar. Dimana setiap titik PJG saja diperkirakan mencapai Rp 4 juta. Sementara untuk PJL diperkirakan mencapai Rp 6,5 juta.

Baca Lainnya