Jumat, 30 Juni 2023 18:00

JQR Salurkan Kurban Kemanusiaan Ke Pelosok di Jabar

Penulis : Iman
Jabar Quick Respons (JQR) menyalurkan hewan kurban di 17 titik di 10 kota/kabupaten di Jabar.
Jabar Quick Respons (JQR) menyalurkan hewan kurban di 17 titik di 10 kota/kabupaten di Jabar. [IST]

Bandung, Limawaktu.id,- Jabar Quick Response  (JQR) menggelar program kurban Kemanusiaan dengan mendistribusikan hewan kurban ke 17 titik di 10 kota dan kabupaten Jawa Barat, pada Hari Raya Idul Adha ini.

Irvan Hilmi, Kordinator Operasional JQR, distribusi bantuan tersebut disebar di lokasi berkriteria terpencil, tingkat konsumsi daging rendah, daerah ekonomi lemah, kelompok rentan dan jarang tersentuh daging kurban selama dua tahun terakhir.

Penerapan kriteria ini, menurut Irvan, mempertimbangkan masih adanya kesenjangan dalam konsumsi daging di masyarakat. Begitu pula pendistribusian daging kurban yang tidak merata di tiap wilayah, menjadi momentum dalam memperbaiki akses kelompok rentan tersebut terhadap pangan penting seperti daging merah.

Irvan menambahkan, salah satunya adalah Kampung Pasir Haur di Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut. Warga kampung ini berbahagia akhirnya bisa menikmati daging kurban pasalnya lebaran sebelumnya di kampung tersebut tidak ada yang bisa berkurban.

"Beberapa wilayah terutama di desa terpencil di Jawa Barat yang memang sudah lama tidak melaksanakan kurban tepatnya di Kampung Pasir Haur, Desa Telaga Sari, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut kami mendistribusikan 1 ekor domba ukuran besar ke kampung tersebur, " ujar Irvan

Irvan menambahkan, JQR juga mendistribusikan hewan kurban ke wilayah Cianjur, tepatnya di kampung Gasol, salah satu kampung yang terdampak gempa. "Hari Raya Iduladha ini semua bisa merasakan dan menikmati panganan daging sama seperti di perkotaan," harapnya.

Selain kelompok rentan dan kampung terpencil. Komunitas Disabilitas Netra dan Sekolah Luar Biasa (SLB) juga turut menjadi sasaran penerima Kurban program ini. Beberapa diantaranya adalah SLBN Cicendo dan Komunitas Tunanetra Bandung Sejahtera.

"Kami ingin kelompok rentan dan teman-teman disabilitas yang menerima bantuan dari program. Ini juga dapat merasakan berkah hari raya ini, dan lebih dari pada itu momentum Idul Adha tahun ini bisa kembali menumbuhkan rasa gotong royong warga sehingga bisa berkumpul bersama-sama dan merayakan Idul Adha dengan mengkonsumsi daging bersama, " pungkas Irfan.

Tatang, pengelola DKM Masjid di Kampung Gasol, Cianjur berterima kasih atas daging kurban yang diterimanya. Menurutnya, di kampungnya tersebut sudah lama tidak mendapatkan bantuan hewan kurban dan sudah lama tidak merasakan daging kurban tiap tahunnya.

"Sudah 5 tahun lamanya di kampung ini tidak mendapatkan bantuan hewan kurban, saya perwakilan warga di Kampung Pasir Haur mengucapkan terima kasih banyak ke pak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, nantinya daging hewan kurban ini akan dibagikan secara merata ke warga yang ada disini," ucapnya.

Baca Lainnya