Rabu, 26 April 2023 21:00

JQR Pantau Objek Wisata Pantai di Jawa Barat

Penulis : Iman Nurdin
JQR melakukan edukasi dan pemantauan di beberapa lokasi pantai di Jabar, Rabu (26/04/2023).
JQR melakukan edukasi dan pemantauan di beberapa lokasi pantai di Jabar, Rabu (26/04/2023). [istimewa ]

Kab. Pangandaran, Limawaktu.id,-- Jabar Quick Response (JQR) memberikan edukasi dan pemantauan di lokasi wisata">wisata pada libur Lebaran 2023. Kegiatan tersebut untuk menjaga keselamatan para wisatawan yang tengah berlibur bersama sanak saudaranya.

Beberapa objek wisata pantai seperti Pantai Pangandaran, Batukaras, Madasari, Garut Selatan seperti Pantai Santolo, Pantai Sayang Heulang, Pantai Rancabuaya, dan Pantai Plentong Indramayu.

Muhammad Irvan Hilmy selaku Koordinator Operasional JQR mengatakan pemantauan keselamatan wisata yang dilakukan JQR berkolaborasi dengan Balawista Pangandaran, Polairud, potensi dan unsur SAR lainnya.

"Intinya pemantauan ini juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk warga Jawa Barat yang sedang berlibur, agar kejadian yang tak diinginkan tidak terjadi dan meminimalisir kecelakaan khususnya di tempat objek wisata air, " ungkapnya.

JQR juga memberikan bantuan logistik kepada para penjaga pantai yang bertugas. Selain itu, JQR melakukan pemantau di beberapa objek wisata lainnya seperti di Situ Bagendit Garut, serta pemantauan di beberapa gunung seperti gunung Guntur, Gunung Sagara, dan Gunung Cikuray yang dimana warga memanfaatkan hari libur lebaran untuk mendaki gunung.

Irvan dalam keterangannya menambahkan pemantauan nantinya juga akan dilakukan lebih terstruktur dan melibatkan lagi potensi di daerah-daerah seluruh objek wisata di Jawa Barat.

Sementara itu, salah satu petugas pantai yang tergabung dalam Balawista merupakan petugas pantai bernama Liano menjelaskan selama H-1 lebaran sampai H+3 lebaran di tempat objek wisata Pangandaran sejauh ini berhasil menekan angka kecelakaan yang fatal.

Hal itu kata Liano, para petugas pantai dari Balawista tak henti-hentinya bekerja mulai dari pagi sampai malam hari yang selalu mengingatkan para pengunjung wisata untuk mentaati rambu-rambu yang sudah dipasang oleh pihaknya.

"Untuk sejauh ini tidak ada kecelakaan yang fatal, pada intinya juga kami petugas pantai dengan pelaku usaha berkolaborasi untuk saling mengingatkan para wisatawan untuk berhati-hati," ungkap Liano.

Selain itu, Liano menambahkan pihaknya juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di pesisir pantai.

Baca Lainnya