Jumat, 5 Januari 2024 21:29

Jokowi Sebut Pemerintah Bakal Rekrut 2,3 Juta Calon ASN 2024

Reporter : Bubun Munawar
Presiden RI Joko Widodo mengumumumkan rekrutmen Calon ASN 2024, di Istana Negara, Jum'at (5/1/2024)
Presiden RI Joko Widodo mengumumumkan rekrutmen Calon ASN 2024, di Istana Negara, Jum'at (5/1/2024) [BPMI/Setpres]

Limawaktu.id, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas melakukan konferensi pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (05/01) usai Presiden Joko Widodo menyampaikan Pengumuman Pengadaan CASN 2024. Konferensi pers ini membahas terkait pengadaan aparatur sipil negara (ASN) tahun 2024.

Anas menjelaskan, rekrutmen ASN diproyeksikan mencapai 2.302.543 untuk instansi pemerintah pusat dan daerah. Di tahun 2024 pemerintah membuka ruang lebih luas bagi talenta-talenta baru atau fresh graduate untuk mengikuti seleksi dibanding tahun sebelumnya.

“Pemerintah juga menyediakan kebutuhan ASN yang lebih banyak di instansi pemerintah daerah dibandingkan di pusat, karena daerah dinilai banyak membutuhkan tenaga ASN. Arah kebijakan pengadaan ASN tahun 2024 juga tentunya untuk menyelesaikan penanganan tenaga non-ASN,” jelas Anas.

Presiden Joko Widodo menyebutkan, pada 2024 ini Pemerintah memberikan kesempatan kerja bagi talenta muda Indonesia dengan membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024. Pemerintah akan membuka rekrutmen CASN sebanyak 2,3 juta formasi yang dialokasikan untuk guru dan dosen, tenaga kesehatan, serta tenaga teknis sesuai dengan kebutuhan.

Pemerintah membutuhkan para pembelajar muda yang terampil dari berbagai disiplin ilmu untuk mendukung pelayanan publik berbasis digital, efisiensi birokrasi, dan mendorong peningkatan kinerja, serta akuntabilitas pemerintah.

“Saya mengundang saudara-saudara, talenta-talenta muda hebat Indonesia untuk memanfaatkan peluang rekrutmen calon ASN tahun 2024 dan menjadi bagian dari semangat reformasi birokrasi, serta pelayanan publik yang berdampak dan lebih baik,” pungkasnya.

Baca Lainnya