Kamis, 19 Januari 2023 15:06

Jokowi Berharap Bendungan Kuwil Kawangkoan Bisa Mereduksi Banjir di Manado

Reporter : Saiful Huda Ems (SHE)
Sebelum meresmikan bendungan, Jokowi mengunjungi Pasar Airmadidi, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023)
Sebelum meresmikan bendungan, Jokowi mengunjungi Pasar Airmadidi, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1/2023) [Instargram@Jokowi]

Limawaktu.id,- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/01/2023).

Usai peresmian, Jokowi mengungkapkan pemerintah juga tengah membangun Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow yang ditargetkan selesai pada tahun 2023 ini,

“Nanti bulan Maret atau April akan selesai lagi satu bendungan, yaitu Bendungan Lolak,” ujar Presiden kepada para jurnalis.

Menurut Jokowi, keberadaan bendungan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar, mulai dari irigasi, pembangkit listrik, mereduksi banjir, hingga menambah pasokan air baku.

“Semakin banyak bendungan semakin baik, karena air tidak dibiarkan masuk ke laut tetapi ditampung untuk keperluan kita semuanya,” ujarnya.

Terkait Bendungan Kuwil yang baru diresmikan, Jokowi  menyampaikan bahwa keberadaan bendungan ini dapat mereduksi banjir sehingga banjir besar yang terjadi di Kota Manado pada 2014 silam tidak terulang kembali.

“Ini bendungan Kuwil Kawangkoan kita harapkan bisa menghilangkan mengurangi banjir utamanya yang ada di Manado, yang kita pernah kejadian di tahun 2014,” sebutnya.

Selain mereduksi banjir, lanjut Presiden, Bendungan Kuwil juga akan menambah pasokan air baku bagi Provinsi Sulawesi Utara khususnya Kota Manado, Kota Bitung, dan Kabupaten Minahasa Utara.

“Yang kedua, juga untuk persediaan air baku bagi Manado, Minahasa Utara dan juga Bitung,” ucapnya.

Bendungan ini juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga mikrohidro serta untuk mengairi sawah-sawah yang ada di sekitar bendungan.

Sebelum  meresmikan bendungan, Jokowi mengunjungi Pasar Airmadidi, di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Jokowi  langsung berkeliling menyapa pedagang untuk membagikan bantuan sosial (bansos) sembako dan bantuan tunai. Selain itu, momen berkunjung ke pasar juga dimanfaatkan Presiden untuk mengecek harga-harga sembako.

“Biasa, mengecek harga-harga, utamanya harga sembako, beras, minyak. Saya kira di Sulawesi Utara kondisinya stabil, inflasi juga sangat terjaga di angka 4 persen di Kota Manado dan sekitarnya saya kira sangat baik,”pungkasnya.

Baca Lainnya