Selasa, 14 Februari 2023 21:30

JICA Bertahun-tahun Berkontribusi Mewujudkan Pembangunan di Indonesia

Penulis : Saiful Huda Ems (SHE)
Menteri Keuangan Sri Mulyani  melakukan  Pertemuan Bilateral Bersama Presiden JICA  Tanaka Akihiko, Selasa (14/2/2023)
Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan Pertemuan Bilateral Bersama Presiden JICA Tanaka Akihiko, Selasa (14/2/2023) [instagram@srimulyaniindrawati]

Limawaktu.id,- Japan International Cooperation Agency (JICA) telah menjadi salah satu mitra terpercaya pembangunan Indonesia sejak dulu. Ini sejalan dengan hubungan kerja sama antara Indonesia-Jepang telah berlangsung sejak lama. Lebih dari setengah abad atau lebih dari 50 tahun.

“Jepang sebagai bagian dari ASEAN+3 telah membantu mewujudkan perdamaian dan stabilitas kawasan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi tetap meningkat khususnya di kawasan Asia. Khusus Indonesia sendiri, Jepang -melalui JICA- selama bertahun-tahun telah berkontribusi mewujudkan pembangunan di Indonesia, seperti jalan tol, pelabuhan, juga tranportasi umum sehingga masyarakat Indonesia kini bisa menikmati fasilitas MRT, “ terang Menteri Keuangan Sri Mulyani, di Tokyo, Selasa (14/2/2024).

Menurut dia, pihaknya menyampaikan apresiasi atas berbagai dukungan dan kerja sama baik yang telah terjalin selama ini antara Indonesia-JICA. Semoga kolaborasi ini dapat terjalin semakin kuat untuk megatasi berbagai permasalahan global yang mengancam saat ini, termasuk dalam mengatasi dampak perubahan iklim.

“ Tak hanya melalui kerja sama di sektor finansial, tetapi juga melalui kerja sama pengembangan SDM untuk melahirkan generasi Indonesia yang lebih maju, yang akan membawa solusi untuk berbagai masalah global ke depan,” katanya.

Dirinya dan Dr. Akihiko sepakat bahwa kekuatan soft power yang terjalin lebih dari 50 taun adalah bekal utama dalam melestarikan hubungan yang erat antara dua sahabat, Jepang dan Indonesia. Kunjungan singkat padat namun strategis produktif dan bermanfaat bagi perkuatan hubungan kerjasama bilateral Indonesia dengan Jepang baik dalam bidang ekonomi maupun aspek lainnya.

Tahun 2023 Indonesia memimpin keketuaan ASEAN dan Jepang memimpin keketuaan G7. Kedua negara juga akan memimpin ASEAN +3. Peran dan posisi kepemimpinan Indonesia dan Jepang dalam menjaga kerjasama (cooperation) sangat penting dalam konteks perkembangan dinamika geopolitik dan pentingnya menjaga kawasan Asia dan Asia Tenggara sebagai kawasan damai dan aman agar dapat terus membangun perdamaian abadi dan kesejahteraan bersama yang adil dan saling menguntungkan.

 

Baca Lainnya