Selasa, 16 April 2019 12:34

Jemaah Khusyu Shalat Isya, Maling Malah Asik Gondol Kotak Amal di Masjid Agung Cimahi 

Reporter : Fery Bangkit 
Aksi nekat maling kotak amal itu terekam CCTV
Aksi nekat maling kotak amal itu terekam CCTV [ferybangkit]

Limawaktu.id - Masjid Agung Cimahi kembali menjadi sasaran kriminal. Kali ini, kotak amal raib digondol maling pada Senin (15/4/2019) sekitar pukul 19.11 WIB atau ketika para jemaah tengah melaksanakan shalat Isya.

Aksi nekat maling kotak amal itu terekam CCTV. Berdasarkan kamera pengintai itu, ada dua orang yang menjadi pelaku pencurian. Aksi pencurian itu berlangsung tiga menit.

Dari rekaman itu terlihat, mereka datang sekitar pukul 19.10 WIB, saat situasi di pintu masjid di Jalan Amir Mahmud tengah sepi. Sekitar pukul 19.11, salah seorang pelaku terlebih dahulu masuk ke area gerbang Masijd Agung Cimahi. Pelaku itu seperti tengah mengamati situasi.

Kemudian, pada pukul 19.12 pelaku itu keluar, lalu masuk pelaku lainnya untuk mengeksekusi kotak amal itu. Sebelum membawa kotak amal, pelaku juga sempat mengawasi. Sementara satu pelaku awal tadi di depan gerbang menyiapkan sepeda motor untuk kabur.

Setelah itu, pelaku pun membawa kotak amal dan sempat berpapasan dengan seorang jemaah. Namun, jemaah nampak bingung. Setelah dua pencuri itu kabur, terlihat jemaah itu seperti baru menyadari bahwa kotak amal itu dibawa kabur maling.

Salah seorang petugas keamanan Masjid Agung Cimahi, Heriyanto menuturkan, peristiwa pencurian kotak amal berukuran sekitar 70 cm itu terjadi saat jemaah tengah melaksanakan shalat Isya.

"Orang lagi pada sholat, begitu selesai kotaknya udah gak ada. Ada jamaah ngejar, tapi gak ke kejar. Petugas juga lagi jaga di dalam," tuturnya, Selasa (16/4/2019).

Dikatakannya, pintu sebelah Jalan Amir Mahmud memang biasanya tak seramai pintu di sebelah Jalan Kaum. Saat kejadian, petugas yang berjaga hanya satu, itupun tengah mengecek kondisi di dalam masjid.

Secara keseluruhan, Heriyanti tak mengetahui jumlah isi kotak amal itu. Tapi, kata dia, biasanya kotak itu dibuka seminggu sekali. 

Aksi pencurian kotak amal di Masjid Agung Cimahi ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, sudah ada dua kejadian serupa. Pihaknya pun mengakui sudah melaporkan aksi maling nekat ini.

"Sudah 3 (tiga) kali sama sekarang. Kalau yang dua sebelumnya dibongkar," tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer