Rabu, 15 Maret 2023 15:15

Jelang Ramadan Anies Munggahan di Kabupaten Kuningan

Penulis : Wawan Gunawan
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan tradisi munggahan di Kabupaten Kuningan, Rabu (15/3/2023)
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan tradisi munggahan di Kabupaten Kuningan, Rabu (15/3/2023) [Instagram]

Limawaktu.id,- Menjelang Ramadan, masyarakat Sunda yang berkiprah di mana pun berada kembali dari tempat rantauan, untuk bersilaturahmi dengan sanak keluarga sekaligus berdoa bersama. munggahan, sebuah tradisi yang harus kita jaga bersama.

“Alhamdulillah, bersyukur dapat bersilaturahmi sekaligus Munggahan Bareng Sedulur Kuningan di kediaman Pak Haji Atang Sugiono,” ungkap Anies Baswedan, di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Rabu  (15/3/2023).

Dia menjelaskan, munggahan merupakan sebuah tradisi bagi masyarakat Sunda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan yang dilakukan pada akhir bulan Sya'ban. Bentuk pelaksanaannya bervariasi, umumnya berkumpul bersama keluarga dan kerabat, makan bersama, saling bermaafan, dan berdoa bersama.

“Kami berharap didoakan agar dapat menjalankan amanat untuk menghadirkan perubahan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, dengan penuh amanah dan istiqomah. Sebuah amanat yang besar, namun insya Allah tidak berat karena dikhtiarkan bersama-sama,: jelasnya.

Tal sekedar munggahan,, Anies juga sempat jalan-jalan pagi di sekitaran Desa Cipicung. Menikmati udara segar serta keindahan Gunung Ciremai.

Sepulang dari jalan-jalan, Anies  melewati berbagai mural yang ternyata dikerjakan secara swakarsa oleh warga.

“Bapak-bapak ini bercerita pembuatannya selama seminggu menggunakan cat tembok dan juga tinta sablon, mural ini juga telah mendapat persetujuan warga. Gunung Ciremai yang indah, udara pagi yang cerah, muralnya keren dan penuh warna, memberikan pengalaman tersendiri bagi kami,” tandasnya.

Baca Lainnya