Selasa, 11 September 2018 19:11

Jelang Pilpres 2019, Anggota Sabhara Rutin Sisir Titik Rawan di Wilayah Hukum Polres Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Anggota Satuan Sabhara Polres Cimahi diterjunkan untuk menyisir titik rawan kejahatan jalanan di Kota Cimahi.
Anggota Satuan Sabhara Polres Cimahi diterjunkan untuk menyisir titik rawan kejahatan jalanan di Kota Cimahi. [Fery Bangkit / Limawaktu]

Limawaktu.id - Sebanyak 30 Anggota Satuan Sabhara Polres Cimahi diterjunkan untuk menyisir titik rawan kejahatan jalanan di Kota Cimahi.

Operasi yang dinamakan Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (KKYD) itu merupakan kegiatan pengamanan jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Dalam kegiatan KKYD ini, anggota Sat Sabhara Polres Cimahi melakukan patroli berskala besar dengan melibatkan anggota Polsek untuk menciptakan situasi aman dan kondusif menjelang Pilpres dan Pileg 2019 tersebut.

Kasat Sabhara Polres Cimahi, AKP Oeng Hoeruman, mengatakan, kegiatan KKYD itu merupakan perintah dari Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto dan Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara yang harus dilaksanakan setiap malam.

"Kegiatan ini menjelang Pilpres dan Pileg dalam rangka cipta kondisi kamtibmas untuk antisipasi kejahatan jalan," ujar AKP Oeng Hoeruman saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (11/9/2018).

Salah satu titik rawan di wilayah hukum Polres Cimahi, kata Oeng, yakni di wilayah Cimindi dan wilayah sekitar Kompleks Perkantoran Pemkot Cimahi atau di sekitar Jalan Demang Hardjakusumah, Kota Cimahi.

"Titik rawan kejahatan jalanan biasanya di sekitar Cimindi karena disitu terdapat terminal, sehingga setiap malam kami menyasar ke tempat-tempat yang rawan kejahatan jalan seperti begal," terangnya.

Ia juga mengatakan, dalam kegiatan KKYD tersebut, pihaknya kerap menemukan sekelompok anak muda yang tengah meminum miras di sejumlah titik Kota Cimahi.

Kemudian, lanjutnya, sekelompok anak muda itu diangkut menggunakan mobil truk Sat Sabhara Polres Cimahi untuk diberikan pembinaan di Mapolres Cimahi agar tidak kembali melakukan hal yang meresahkan masyarakat.

"Dalam kegiatan KKYD kita juga sering menemukan pemuda yang tengah minum miras, kemudian kita langsung amankan di Mapolres untuk diberikan pembinaan," katanya.

Operasi KKYD tersebut, kata Oeng dilakukan saat malam hari dari mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 01.00 WIB dengan cara berkeliling ke sejumlah titik rawan kriminal di wilayah hukum Polres Cimahi.

Oeng mengatakan, sekelompok pemuda yang ditemukan tengah meminum miras tersebut kerap ditemukan disekitar Jalan Demang Hardjakusumah dan di sekitar Jalan Amir Machmud, Kota Cimahi.

"Setelah diamankan di Mapolres Cimahi kita juga memanggil orang tuanya," katanya.

Namun, lanjut Oeng, jika dalam kegiatan mereka terdapat unsur kriminal seperti memakai Narkoba akan dilimpahkan ke anggota Satnarkoba Polres Cimahi untuk dilakukan penyidikan lebih lanjut.

Baca Lainnya