Jumat, 9 November 2018 15:42

Jelang Pileg Pilpres 2019, Perekaman KTP-el Sasar Pemula

Reporter : Fery Bangkit 
Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi.
Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id, Cimahi - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi memfokuskan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) kepada para pemula, khususnya pelajar wajib KTP.

Kebijakan itu dilakukan agar para pemilih pemula wajib KTP dapat menyalurkan hak pilihnya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (PILeg) 2019.  

Baca Juga : Sabtu dan Minggu Bisa Mengurus KTP di Kota Cimahi

"Kita akan prioritaskan perekaman untuk pemohon pemula yang baru pertama kali (buat KTP-el)," kata Kepala Bidang Pendataan dan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kota Cimahi, Ade Hidasyah saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jln. Rd. Hardjakusumah, Jum'at (9/11/2018).

Saat ini, wajib KTP-el di Kota Cimahi cukup banyak, mencapai 4.000 pemilih, dari target keseluruhan perekaman KTP-el yang mencapai 12.000 orang. Jumlah pemilih itu ditargetkan sudah selesai melakukan perekaman sebelum Pilpres dan Pileg 2019 berlangsung.

"Jelang Pilpres , jadi harus ada target yang dipenuhi. Target sampai April beres," ujar Ade.

Untuk merealisasikan target itu, Disdukcapil Kota Cimahi melakukan jemput bola ke sekolah-sekolah dan kelurahan. Selain tentunya perekaman yang dilakukan di kecamatan.

Selain jemput bola ke sekolah, untuk percepatan pelayanan itu, sejak Oktober pihaknya membuka pelayanan pembuatan KTP-el di hari Sabtu dan Minggu. Ada sekitar delapan petugas yang siapl melayani pembuatan KTP.

"Sekarang kita perekaman rata-rata 90-125 per hari," ucap Ade.

Baca Lainnya