Jumat, 21 Desember 2018 14:18

Jelang Naturu, Arus Kendaraan ke Lembang Diprediksi Naik 10%, Hari ini Terpantau Masih Lancar

Reporter : Fery Bangkit 
Petugas lalu lintas Polres cimahi masih tetap melakukan pengaturan dan pengawasan.
Petugas lalu lintas Polres cimahi masih tetap melakukan pengaturan dan pengawasan. [istimewa]

Limawaktu.id - Memasuki libur sekolah, Natal dan Tahun Baru, arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum mengalami peningkatan.

Hal itu diungkapkan Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Suharto saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (21/12/2018). Dia menyampaikan, arus lalu lintas dari arah Setiabudi, Kota Bandung menuju Lembang, KBB maupun sebaliknya terpantau lancar.

Baca Juga : Jangan Macam-macam, 830 Personel Bakal Jaga Ketat Cimahi KBB Saat Natal dan Tahun Baru

"Situasi arus lalu lintas terpantau dari arah terpantau lancar, berkecepatan 30-40 km/jam. Belum ada peningkatan kendaraan," kata Suharto.

Pihaknya memprediksi, saat libur Natal dan Tahun Baru (Naturu), akan ada peningkatan jumlah kendaraan yang melintas di kawasan wisata Lembang. 

Baca Juga : Mau Liburan Natal dan Tahun Baru di Lembang, Baca Imbauan dari Polisi!

"Prediksi peningkatan arus lalu lintas di perkirakan tanggal 24-26 Desember dan 30 Desember 2018 sampai 1 Januari 2019. Naiknya 10 persen dari tahun kemarin," terang Suharto.

Sementara kendaraan khusus yang akan melintas ke kawasan Kota Cimahi, diprediksi mencapai 390 ribu kendaraan roda dua maupun roda empat. Angka tersebut berdasarkan pada banyaknya kendaraan yang melintasi Kota Cimahi setahun sebelumnya, yang mencapai 387 ribu kendaraan roda dua dan roda empat.

Baca Juga : Amankan Natal dan Tahun Baru, Seribu Lebih Personel Gabungan Diterjunkan

Untuk memantau kelancaran arus lalulintas selama Natal dan Tahun Baru 2019, pihak kepolisian mendirikan pos Operasi Lilin Lodaya di Alun-alun Kota Cimahi dan di Jalan Raya Cibeureum dan di kawasan Lembang.

"Kita mendirikan posko Ops Lodaya di titik sentral di Kota Cimahi, ada dua titik, di Alun-alun dan Jalan Kebon Kopi. Ada juga di Jalan Raya Padalarang dan di Jalan Raya Lembang," ungkap Suharto.

Pihaknya juga telah menerapkan pembatasan kendaraan bertonase besar agar tidak melintas jalur arteri Kota Cimahi dan tidak melewati Jalan Kolonel Masturi, yang jadi alternatif menuju kawasan wisata Lembang.

"Penerapan pembatasan kendaraan sudah dilakukan, untuk mengurangi potensi kemacetan di Cimahi dan potensi kecelakaan selama Ops Lilin Lodaya," bebernya.

Sebab bertepatan dengan libur sekolah hingga Januari 2019 nanti, pihaknya menyiagakan personel kepolisian di sejumlah tempat wisata. Anggota Satlantas Polres Cimahi sendiri sudah disebar ke sejumlah titik rawan kemacetan untuk melakukan pemantauan dan mengurai kemacetan bila terjadi.

"Petugas lalu lintas Polres cimahi masih tetap melakukan pengaturan dan pengawasan. Kami imbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati, utamakan keselamatan, stop pelanggaran, stop kecelakaan," imbuh Suharto.

Baca Lainnya