Sabtu, 14 Juli 2018 1:37

Jelang Lengser, Plt Bupati KBB Wariskan Jalan Ir Soekarno di Tangkuban Parahu

Reporter : Fery Bangkit 
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra secara resmi mengganti nama Jl. Tangkuban Parahu menjadi Jl. Ir. Soekarno pada Jum'at (13/7/2018).
Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra secara resmi mengganti nama Jl. Tangkuban Parahu menjadi Jl. Ir. Soekarno pada Jum'at (13/7/2018). [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Nama Ir soekarno kini terpampang di Kabupaten Bandung Barat (kbb). Presiden pertama RI itu diplot untuk menggantikan nama Jalan Tangkuban Parahu.

Pelaksana Tugas (Plt) bupati Bandung Barat, Yayat T Soemitra secara resmi mengganti jalan yang identik dengan legenda Sangkuriang itu pada Jum'at (13/7/2018).

Selain itu, diakhir masa pengabdiannya sebagai Plt Bupati Bandung Barat, Yayat juga mengeluarkan surat keputusan Bupati tentang Pedoman nama jalan dan sarana umum. Tercatat ada 71 yang diberi nama, termasuk Jalan Tangkuban Parahu menjadi Jalan Ir Soekarno.

Usai mengganti nama jalan secara simbolis, Yayat menuturkan bahwa pemberian nama jalan merupakan salah satu aplikasi terjemahan Pemerintah Daerah (Pemda) KBB dalam melaksanakan Spirit of Bandung. Ditegaskannya, penggantian nama tidak akan mengikis kebesaran Tangkuban Parahu.

"KBB berhak mewarisi semangat Bandung dan pemberian nama jalan. Jadi tidak perlu dikhawatirkan nama Soekarno ini akan mengurangi kebesaran Tangkuban Parahu," kata Yayat, Jum'at (13/7/2018).

Malah, menurut Yayat, penggantian jalan tersebut untuk lebih membesarkan kembali Tangkuban Parahu. Diyakininya, Soekarno pun yang pernah tinggal di Bandung pernah menginjakan kakinya di Gunung Tangkuban Parahu.

"Bung Karno yang lama di Bandung pasti juga bangga kepada Tangkuban Parahu. Bukan hanya nama Soekarno, kami juga menyiapkan nama KH Abdurahman Wahid dari mulai Jalan Padasuka-Cimahi sampai Jalan Panaris," ujarnya.

Baca Lainnya