Senin, 20 Mei 2019 19:05

Jelang Lebaran, Sejumlah Ruas Jalan di KBB Belum Tersentuh Perbaikan

Reporter : Fery Bangkit 
Ruas jalan yang rusak di Kabupaten Bandung Barat.
Ruas jalan yang rusak di Kabupaten Bandung Barat. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Jelang mudik dan libur panjang Idul Fitri 1440 Hijriyah, sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB) belum tersentuh perbaikan dari pemerintah daerah.

Salah satunya di Jalan Cihanjuang yang terlihat sudah rusak. Ruas jalan penghubung antara Kecamatan Parongpong di Bandung Barat dengan Kota Cimahi ini kondisinya rusak sedang, sejumlah jalan yang rusak dan berlubang hanya ditutup batu krikil.

Baca Juga : Dishub Kota Cimahi Petakan Jalur Kemacetan Saat Lebaran Nanti

Kondisi jalan diperparah dengan minimnya Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga sangat membahayakan pengguna kendaraan pada malam hari.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB, Muhammad Ridwan mengakui pengerjaan pemeliharaan jalan diprioritaskan pada ruas-ruas jalan strategis.

Baca Juga : Jelang Arus Mudik, ini Persiapan Dishub Kota Cimahi

"Pemerintah daerah akan memprioritaskan jalan strategis di seluruh ruas jalan (kabupaten) yang menjadi kewenangan. Pemeliharaan rutin di ruas jalan tersebut akan kami dahulukan," katanya, Senin (20/5/2019).

Ridwan menyebutkan, beberapa ruas jalan kabupaten yang bakal dilakukan pemeliharaan di antaranya ialah jalan di sekitar Langensari, Dago, Punclut, Sersan Bajuri, Cihanjuang, Parongpong, Ciwaruga, Cihideung, Selacau, dan Cililin. Pemeliharaan jalan itu dimaksudkan untuk memperlancar arus mudik.

Baca Juga : Gelar Inspeksi Bus Mudik Gratis dan Bus Umum:Masa Bus Tanpa APAR

Ridwan mengungkapkan, pemeliharaan rutin yang dimaksud adalah berupa menambal (pacthing) lubang kecil pada badan jalan. Diharapkan pada saat dilintasi pemudik, jalannya sudah dalam kondisi baik.

"Kami upayakan untuk penambalan jalan itu sudah bisa mulai dikerjakan dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Namun jelang lebaran, lanjut dia, Dinas PUPR hanya akan melakukan penambalan jalan yang rusak di jalur mudik. Sebab, untuk perbaikan total ruas jalan, saat ini masih dalam proses lelang.

"Pada tahun ini, alokasi untuk perbaikan jalan yang dianggarkan di APBD jumlahnya mencapai sekitar Rp 160 miliar," tandasnya.

Baca Lainnya