Senin, 1 Juni 2020 16:24

Jelang AKB, Bupati Purwakarta Sidak Mal

Reporter : Bubun Munawar
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustikabersama Forkopimda melakukan Sidak ke salah satu mal.
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustikabersama Forkopimda melakukan Sidak ke salah satu mal. [Humas Pemkab Purwakarta]

Purwakarta - Jelang  penerapan PSBB atau penerapan normal baru atau Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, termasuk di pusat perbelanjaan dan pertokoan, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Purwakarta melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke salah satu pusat perbelanjaan, Senin (01/06).

Sidak dilakukan Forkopimda mendampingi Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika pada acara persiapan pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB ) di Giant Purwakarta, Senin (1/6). Dalam giat tersebut, Pemkab Purwakarta memastikan pertokoan dan pusat perbelanjaan memenuhi standar protokol kesehatan normal baru atau AKB.

Menurut Anne, Sidak  dilakukan sebagai upaya mengembalikan aktivitas pemerintahan dan masyarakat selayaknya seperti kondisi sebelum pandemi covid-19. Inilah yang disebut dengan masyarakat produktif dan aman covid-19.

"Kami juga sedang menunggu surat keputusannya beserta petunjuk teknis. Intinya, kami selalu siapkan persiapan penerapan AKB ini meski belum sepenuhnya diterapkan,” katanya,, Senin (1/6).

Anne mengatakan sidak ke pusat perbelanjaan di Jalan Pahlawan ini diharapkan dapat menjadi percontohan dalam penerapan AKB. Menurutnya, pusat perbelanjaan yang dia sidak ini sudah bagus dengan telah mencapai 90 persen kesiapannya.

“Supermarket ini sudah bagus sudah 90 persen siap AKB dengan protokol kesehatan yang ketat. Nanti kami (gugus tugas) akan keluarkan sertifikat bagi pelaku usaha supermarket atau minimarket,” ujarnya.

Warga masyarakat pun diminta bupati untuk tak lagi khawatir karena supermarket tersebut sudah layak dikunjungi. Ketika disinggung terkait pembukaan tempat wisata di fase AKB atau new normal, Anne Ratna Mustika menegaskan tempat wisaya dibuka secara bertahap pada 7 Juni.

“Awalnya kami buka wisata kuliner setelah itu tempat wisata lainnya akan bertahap dibuka,” ujarnya.

Sementara Store Manager Giant, Sardiyono mengungkapkan pihaknya memang sudah setiap hari memperhatikan penerapan protokol kesehatan dan memastikan prosedural berkaitan dengan pencegahan Covid-19.

“Kami sudah lakukan step by step sampai ke area belakang. Sehingga saat adanya kunjungan ibu bupati hari ini tak ada kendala di toko kami karena kami dan tim selalu memastikan seluruh prosedural baik dari pemerintah pusat, daerah atau dari ritel supermarket selalu kami lakukan 100 persen,” ujarnya.

Sedangkan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta mencatat, tidak ada penambahan kasus pada warga yang berstatus, ODP, PDP dan yang terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah tersebut pada awal bulan Juni 2020 ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Purwakarta, dr Deni Darmawan melalui pernyataan tertulisnya, Senin 1 Juni 2020 mengungkapkan, secara kumulatif jumlah warga yang terkonfirmasi positif di wilayah Kabupaten Purwakarta ada sebanyak 30 orang, dan telah dinyatakan sembuh sebanyak 14 orang.

"Sementara, untuk jumlah ODP jumlahnya tetap 22 orang dalam pemantauan dan PDP juga angkanya tetap 14 pasien dalam pengawasan," kata dr.Deni.

Namun demikian, dr.Deni juga menyampaikan bahwa terjadi penambahan pada PDP yang meninggal dunia, sebanyak 1 orang.

"Secara kumulatif jumlah PDP yang meninggal dunia hingga hari ini sebanyak 15 orang," ujar dr.Deni.

Baca Lainnya