Senin, 9 November 2020 10:14

Jangan Macam-Macam di Cimahi! Ada 117 CCTV yang Jadi Mata-mata

Penulis : Fery Bangkit 
hasil pantauan CCTV di Jalan Cihanjuang.
hasil pantauan CCTV di Jalan Cihanjuang. [Foto Istimewa]

Cimahi - Keberadaan kamera pengintai atau Closed-Circuit Television (CCTV) sangat membantu pengawasan di Kota Cimahi. Namun jumlahnya disebut belum ideal.

Berdasarkan data Dinas Komunikasi Informasi Arsip dan Perpustakaan (Diskominfoarpus) Kota Cimahi, jumlah CCTV yang sudah terpasang di Kota Cimahi ada 117 titik. Kamera pengintai tersebut tersebar di sejumlah ruas jalan, area publik dan instansi pemerintahan di Kota Cimahi.

"Iya ada 117 CCTV yang tersebar di kelurahan, kecamatan, Puskesmas. Kemudian beberapa jalan strategis, misalnya Alun-alun Cimahi, Jalan Cihanjuang," terang Kepala Diskominfoarpus Kota Cimahi, Mochammad Ronny, Senin (9/11/2020).

Menurut Ronny, jumlah CCTV yang sudah terpasang saat ini belum ideal. Khususnya yang terpasang pada aera publik. Ia mengaku sudah membahas hal tersebut dengan Dinas Perhubungan Kota Cimahi.

"Idealnya ditambah. Sudah ada (pembahasan), tapi tergantung dengan support anggaran. Tapi semua CCTV yang sudah terpasang masih aktif," sebutnya.

Dalam pengawasan dan pemantauannya, kata Ronny, pihaknya selalu berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan. Sebab, selain terpantau dalam ruang Smart City, kamera pengawasn tersebut juga bisa dipantau Dinas Perhubungan.

"Kita standby memantau. Kan lewat smartphone juga bisa dicek. Ada juga petugas di Smart City," kata Ronny.

Ditegaskan Ronny, keberadaan CCTV sendiri sangat membantu Pemkot Cimahi dalam melakukan pengawasan dan pemantauan. Ia mencontohkan, ketika terjadi kemacetan di jalan maka akan langsung diketahui untuk kemudian dilakukan penanganan.

"Planing penting ketika terjadi permasalahan, paling tidak membantu sebagai barang bukti," tegasnya.

Baca Lainnya