Senin, 8 Januari 2024 14:09

Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bagian dari Jaringan Tol JORR 2 Sepanjang 111 Km

Reporter : Bubun Munawar
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan kondisi jalan  Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bagian dari JORR-2, yang baru diresmikan Presiden Jokowi, Senin (8/1/2024)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan kondisi jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bagian dari JORR-2, yang baru diresmikan Presiden Jokowi, Senin (8/1/2024) [Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR]

Limawaktu.id, Depok - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, jalan  Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor Bagian dari JORR-2, yang baru diresmikan Presiden Jokowi  merupakan bagian dari jaringan tol JORR 2 sepanjang 111 km yang melingkar dari Cengkareng Bandara Soekarno Hatta, Kunciran, Serpong, Cinere, Cimanggis, Cibitung, Cilincing hingga Pelabuhan Tanjung Priok.

"Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini yang diresmikan adalah ruas Cinere - Raya Bogor  (11,2 km) dan Serpong Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)," kata Menteri Basuki, dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/1/2024).

Dikatakan Menteri Basuki, saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Tol Cimanggis - Cibitung seksi 2B Cikeas - Cibitung (19,65 km). "Ruas ini akan rampung sekitar Maret 2024," kata Menteri Basuki.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Miftachul Munir mengatakan, dengan dioperasikannya Seksi 2 ini, maka Jalan Tol Serpong-Cinere dengan BUJT PT. Cinere - Serpong Jaya akan beroperasi penuh, melengkapi Seksi 1 Serpong-Pamulang yang telah terlebih dulu beroperasi pada 2021 lalu.

"Tentunya akan semakin mempercepat perjalanan masyarakat dari dan menuju wilayah Cinere, Pamulang, Serpong dan sekitarnya, hingga Bandara Soekarno-Hatta. Terutama, ketika Seksi 2 Pamulang-Cinere ini tersambung dengan Jalan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3B Ruas Krukut-Limo yang dikelola oleh PT Translingkar Kita Jaya (TLKJ) yang saat ini juga telah rampung," kata Munir.

Ismail Sofyan, salah seorang warga Depok yang berprofesi sebagai guru menyatakan bahwa dengan kehadiran jalan tol ini dapat mempercepat warga Depok dan sekitarnya untuk ke bandara dan juga ke Bogor. "Lebih cepat ke bandara dan lebih efisien jadinya," ujarnya.

Baca Lainnya