Jumat, 14 Februari 2020 20:18

Jalan Penghubung Dua Desa di KBB Diterjang Longsor Susulan

Bahu jalan penghubung Desa Ciharahas, Kecamatan Cipeundeuy dengan Desa Puteran yang tertimbun Longsor susulan
Bahu jalan penghubung Desa Ciharahas, Kecamatan Cipeundeuy dengan Desa Puteran yang tertimbun Longsor susulan [Fery Bangkit]

Limawaktu.id - Bahu jalan penghubung Desa Ciharahas, Kecamatan Cipeundeuy dengan Desa Puteran, Kecamatan Cikalong Wetan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali tertimbun longsor

Longsor susulan dari tebing setinggi 30 meter dengan lebar 600 meter terjadi sebanyak tiga kali dalam sehari mengakibatkan akses jalan masyarakat tertutup material tanah merah.

Kepala Desa Puteran, Yandi Handiana menerangkan, longsor pertama terjadi pada, Rabu (5/2/2020) saat itu longsor didominasi material tanah dan batu. Penanganan menyingkirkan tanah dibantu alat berat dari proyek pengerjaan kereta cepat didekat lokasi.

"Nah kemarin terjadi lagi longsoran di titik sama setelah turun hujan, longsoran bahkan terjadi tiga kali,"terang Yandi saat ditemui, Jumat (14/2/2020).

Akibat longsoran ini jalan penghubung dua kecamatan itu lumpuh sebab material tanah licin dan menutup sebagian bahu jalan. "Kemarin warga enggak bisa lewat sama sekali, bahaya dan jalan licin," ucapnya.

Mulai pagi tadi upaya penanganan mulai dilakukan dengan meminta bantuan alat berat di proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sehingga siang jalan sudah bisa dilalui.

Baca Lainnya