Sabtu, 27 April 2024 20:45

Jajaki Koalisi, PKS-PDIP Bakal Ulang Sejarah Pilkada Cimahi

Penulis : Bubun Munawar
Pengurus inti PKS dan PDIP Kota Cimahi melakukan pertemuan untuk menjajaki koalisi untuk Pilkada 2024, pada Sabtu (27/4/2024).
Pengurus inti PKS dan PDIP Kota Cimahi melakukan pertemuan untuk menjajaki koalisi untuk Pilkada 2024, pada Sabtu (27/4/2024). [Istimewa]

Limawaktu.id, Kota Cimahi - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) November 2024, sejumlah partai politik mulai ancang-ancang menghadapi helatan pesta demokrasi lima tahunan ini. Begitupun yang dilakukan partai politik di Kota Cimahi.

Saat ini beberapa parpol di Kota Cimahi sudah melakukan komunikasi politik antar pengurus parpol, seperti yang dilakukan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Kedailan Sejahtera (PKS) Kota Cimahi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Cimahi.

Penjajakan dua partai ini digadang-gadang bakal mengulang sejarah Pilkada 2012, dimana partai agamis dan nasionalis dalam koalisi merah putih, yaitu PKS dan PDIP.

Menjajaki koalisi antar dua parpol tersebut, pengurus inti PKS dan PDIP Kota Cimahi melakukan pertemuan, pada Sabtu (27/4/2024).

Hubungan PKS dan PDIP di kota Cimahi  sudah terjalin dengan baik di tingkat legislatif dan berpotensi untuk diteruskan pada tingkat eksekutif. Dalam silaturahmi santai sambil ngopi tersebut hadir Ketua DPD PKS Wahyu Widyatmoko beserta jajaran dan Ketua DPC PDIP Agung Yudaswara juga beserta jajarannya. 

Usai pertemuan, Wahyu Widyatmoko mengungkapkan,  PKS bersama dengan PDIP  berkeinginan untuk membangun kota Cimahi, dengan dukungan dari seluruh elemen masyarakat, PKS yakin dapat memenangkan Pilkada 2024 dan menjadikan salah satu dari kader terbaiknya yaitu Ahmad Zulkarnain atau Bagja Setiawan menjadi Walikota Cimahi periode 2024-2029.

Hal senada disampaikan Ketua DPC PDIP Kota Cimahi Agung Yudaswara.  DPP PDIP telah menginstruksikan kepada seluruh pengurus PDIP di manapun berada, agar membuka komunikasi yang seluas-luasnya dengan seluruh partai politik yang ada.

“Kami senang dapat bertemu dengan PKS sebagai partai pemenang legislatif 2024 di Kota Cimahi. Mudah-mudahan silaturahmi ini menjadi awal panjajakan koalisi yang baik bagi pemenangan Pilkada Kota Cimahi periode 2024 2029,, karena PDIP dan PKS punya kesamaan masa yang loyal dan militant, " kata Agung.

Diberirakan Limawaktu.id Sebelumnya, Setelah melakukan komunikasi politik dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerndra) Kota Cimahi, DPC  PDI Perjuangan Kota Cimahi kembali  melakukan silaturahmi politik bersama partai lainnya. Kali ini, PDIP Kota Cimahi melakukan komunikasi dan silaturahmi politik dengan DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)  Kota Cimahi menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2024.

 Menurut Ketua DPC PDIP Kota Cimahi Agung Yudaswara,  penjajakan kedua partai ini seakan-akan   kembali mengulang koalisi Pilkada 2017 yang berhasil meloloskan pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Cimahi Periode 2017- 2022. 

“Saya bersama pengurus PDIP Kota Cimahi dan pengurus DPC PKB Kota Cimahi melakukan komunikasi politik untuk menjajaki koalisi dalam pengusungan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan datang,” kata Agung, Rabu (24/4/2024).

Dia menyebutkan, dari DPC PKB kota Cimahi dihadiri Ketua  Dedi S.hum beserta sekretaris Opah dan Ketua Dewan Syuro sekaligus anggota fraksi PKB Ustad Dede latif.

“Dalam pertemuan kali ini kedua partai melakukan penjajakan untuk kembali bersama di pilkada 2024 terkait calon akan dilakukan di pertemuan selanjutnya,” sebutnya.

Dikatakannya, kedua partai memiliki kesepahaman terkait Kota Cimahi  kedepan tinggal menunggu siapa  sosok atau pasangan yang akan muncul dan didorong kedua partai ini.

 

Baca Lainnya