Sabtu, 4 Juli 2020 14:56

Jadi Zona Kuning Sebaran Covid-19, Bagaimana Nasib Kunjungan Wisatawan dari Luar Jabar ke Lembang?

Penulis : Fery Bangkit 
Lembang Park and Zoo.
Lembang Park and Zoo. [Foto istimewa]

Bandung Barat - Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali masuk zona kuning Corona Virus Disease (Covid-19). Status itu naik dari bulan sebelumnya yang menyatakan wilayah yang dipimpin Bupati Aa Umbara Sutisna itu masuk zona biru.

Meski dengan status wilayahnya yang masuk zona kuning, namun mulai 7 Juli mendatang objek wisata di KBB diperbolehkan menerima kunjungan dari luar Jawa Barat. Termasuk dari Jakarta. Selain itu, kapasitas pengunjung juga dibolehkan meningkat dari 30 persen menjadi 50 persen.

"Minggu depan wisata dibuka buat luar Jabar. Tapi kita lihat dulu kondisinya. Kita sudah dapat izin Gubenur untuk pembukaannya," ujar Aa Umbara.

Dengan status wilayahnya yang naik menjadi zona kuning, Umbara menyebutkan, status zona kuning untuk Bandung Barat itu sebagai bentuk pengingat agar pengelola dan pengunjung meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan.

"Pengunjung harus hati-hati untuk menjaga kondisi. Objek wisata memperketat pengawasan pengunjung juga protokol kesehatannya. Hari Minggu kita pantau persiapan pengelola untuk pembukaan wisatawan luar Jabar," sebutnya.

Aa Umbara menegaskan, hingga saat ini pengelola wisata dinilai sudah siap menerima wisatawan dari luar Jawa Barat. Kesiapan itu dibuktikan dengan hasil tes rapid yang menyatakan negatif dari seluruh petugas objek wisata di KBB.

"Yang jelas, kita cek dulu. Kepada pengunjung dan pengelola wisata harus lebih waspada saja. Semua objek wisata juga sudah rapid tes dan hasilnya negatif. Pasar-pasar juga negatif," pungkasnya.

Manajer Operasional Lembang Park and Zoo Iwan Susanto mengatakan, untuk menerima kunjungan wisatawan luar Jawa Barat, pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan seperti memperketat penerapan protokol kesehatan pada pengunjung.

"Di depan kita sediakan bilik disinfektan, terus pengecekan suhu, dan mewajibkan masker atau face shield bagi pengunjung. Karena kan antisipasi pengunjung dari luar Jawa Barat harus ekstra ketat," bebernya.

Selama beberapa pekan setelah dibuka, kunjungan wisatawan ke Lembang Park and Zoo masih belum stabil. Pada hari biasa pengunjung kurang dari seribu orang sementara saat akhir pekan kunjungan lebih dari seribu orang.

"Masih belum stabil karena pengunjung juga hanya yang dari dalam Jawa Barat saja. Mudah-mudahan setelah pengunjung luar Jawa Barat masuk bisa lebih ramai lagi," terangnya. 

Baca Lainnya