Kamis, 11 Oktober 2018 16:33

Jadi Sampah Visual, Spanduk Kecaman Terhadap PSSI akan Diturunkan Satpol PP Kota Cimahi

Reporter : Fery Bangkit 
Sejumlah spanduk yang terpasang di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang ada di Jalan Cilember, Kota Cimahi.
Sejumlah spanduk yang terpasang di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang ada di Jalan Cilember, Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id,Cimahi - Belakangan ini, spanduk bertuliskan bentuk protes dan kecaman terhadap Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) semakin merebak di Kota Cimahi.

Hal tersebut dipicu lantaran kekecewaan pendukung Persib Bandung terhadap PSSI yang dianggap tidak adil. Contoh kecaman yang tertulis dalam spanduk di antaranya 'Kami Melawan Ketidakadilan'. Terutama soal sanksi yang diberikan belum lama ini.

Namun, dibalik kekecewaan terhadap PSSI yang dituangkan dalam spanduk itu menyisakan sampah polusi bagi keindahan Kota Cimahi. Apalagi, spanduk yang terpasang melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 11 tahun 2005 Tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

Berdasarkan pantauan di lapangan Kamis (11/10/2018), sejumlah spanduk itu terpasang di Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) yang ada di Jalan Cilember, Kota Cimahi dan terlihat dari jalan saat pengendara melintas dikawasan tersebut.

Atas hal itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Dadan Darmawan mengatakan, pihaknya akan menurunkan spanduk itu. Sebab, terpasang di tempat yang memang tidak semestinya dan otomatis itu mengurangi keindahan kota.

"Manakala (pemasangan spanduk) sudah melanggar ketertiban umum atau dipasang ditempat yang dilarang pasti kita akan turunkan," ujar Dadan saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (11/10/2018).

Menurut Dadan, dipasangnya spanduk berbagai tulisan itu bisa mengganggu keindahan kota dan bisa menjadi sampah visual, terlebih pihaknya tidak mengetahui siapa orang yang memasang spanduk tersebut.

"Kita tidak tahu siapa yang memasangnya, daripada mengganggu keindahan kota dan bisa membuat kota menjadi crowded ya sudah mendingan kita turunkan. Kalau ada yang komplain paling mereka datang ke kantor," katanya.

Apabila ada yang komplain dan datang ke kantor Satpol PP Kota Cimahi, pihaknya akan langsung memberikan pengarahan agar tidak memasang spanduk ditempat terlarang.

Pihaknya juga menghimbau, untuk masyarakat agar tidak memasang spanduk sembarangan seperti di JPO, pagar pembatas jalan, maupun di taman yang ada di Kota Cimahi.

"Kita sudah ada aturan tidak boleh memasang spanduk ditempat terlarang, jadi masyarakat harus bisa bekerjasama untuk menjaga keindahan kota," kata Dadan.

Sejauh ini, lanjut Dadan, pihaknya sudah menurunkan sejumlah spanduk yang dipasang di JPO yang ada di Alun-alun Kota Cimahi.

"Spanduk di JPO Alun-alun Cimahi sudah diturunkan termasuk spanduk yang berhubungan dengan Persib. Nanti juga spanduk yang ada di JPO Cilember akan kita turunkan," kata Dadan. 

Baca Lainnya