Jumat, 29 Maret 2019 13:06

Jabar Hadapi Permasalahan Pengangguran Terbuka dan Ketimpangan Sosial 

Reporter : Bubun Munawar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan dokumen LKPJ Tahun Anggaran 2018 kepada Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyerahkan dokumen LKPJ Tahun Anggaran 2018 kepada Ketua DPRD Jabar Ineu Purwadewi Sundari [istimewa]

Limawaktu.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim pencapaian pembangunan di tahun 2018 berjalan baik dan meningkat.

Namun, meski pembangunan di Jawa Barat berjalan baik, menurut Emil, sapaan akrabnya, ada dua hal penting yang masih harus diperbaiki yaitu mengenai pengangguran terbuka dan ketimpangan sosial. Gubernur menargetkan kedua masalah tersebut akan diselesaikan dalam lima tahun kepemimpinannya.

"Yang harus kami cermati mengenai pengangguran terbuka dan ketimpangan. Dua hal itu insyaallah dalam lima tahun kepemimpinan saya akan kita perbaiki dan maksimalkan. Itu saja secara umumnya, lainnya, elektrifikasi sudah 99%, kemantapan jalan juga baik," tuturnya, saat menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur tahun anggaran 2018 kepada DPRD dalam Rapat Paripurna yang digelar di Kantor DPRD Jabar, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. 

Dari sisi ekonomi pertumbuhan meningkat menjadi 5,6 persen dari sebelumnya 5,1 persen. Begitu pula dengan penanaman modal, tercatat selama tahun 2018 sebesar Rp160 triliun.

"Secara umum pencapaian baik, ekonomi meningkat jadi 5,6 persen dari 5,1 persen artinya pertumbuhan baik. Kita juara 1 investasi nilainya Rp160 triliun disusul DKI Jakarta, Jawa Timur dan Banten," sebut Emil, 

Setelah dilaporkan Gubernur, LKPj tersebut dipamerkan di area parkir timur Gedung Sate sebagai bentuk tanggung jawab moral dan keterbukaan kepada publik. Pameran menampilkan hasil kerja pemerintah di berbagai bidang, seperti ekonomi, sosial budaya, politik, sumber daya manusia, maupun  infrastruktur fisik.

Baca Lainnya