Minggu, 8 Juli 2018 23:42

Interkom dan Lift Rusak, Pemkot Cimahi Estimasikan untuk Perbaikan Rp 1,5 miliar

Reporter : Fery Bangkit 
Lift di Gedung B Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah yang tidak berfungsi sejak beberapa hari terakhir.
Lift di Gedung B Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah yang tidak berfungsi sejak beberapa hari terakhir. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Bagian Umum dan Protokol mewacanakan akan memperbaiki sejumlah bagian gedung Pemerintah Kota Cimahi di Jalan Rd. Hardjakusumah tahun ini.

Sejumlah fasilitas yang akan diperbaiki tahun ini di antaranya pergantian lift, perbaikan kamar mandi, interkom, atap penutup gedung A, B dan C, keramik serta rencana membuat pagar di tanggal lantas dasar gedung B dan C. Selain itu, ada juga penyelesaian kantin baru.

Kepala Bagian Umum dan Protokol Setda Kota Cimahi, Rukandi Juliandi mengatakan, kemungkinan perbaikan akan dilaksanakan sesudah Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan 2018 disetujui.

"Mudah-mudahan di (anggaran) perubahan bisa. Kalau di perubahan di-acc, akan langsung dilaksanakan bertahap," kata Uki, panggilan akrab Rukandi Juliandi, Minggu (8/7/2018).

Menurut Uki, sejumlah bagian gedung yang disebutkan tersebut nampak memang sudah tidak laik. Khususnyan lif di gedung B dan C yang kerap mengalami kerusakan.

Dikatakan Uki, lift di Pemerintahan Kota Cimahi tidak pernah mengalami pergantian sejak dibangun. Selama ini, yang dilakukan hanya sebatas perbaikan berkala saja.

"Lift masa kerjanya udah lama. Tapi untuk sementara masih bisa dimanfaatkan," kata Uki.

Khusus untuk pemasangan pagar atau pintu pada tangga lantai dasar, lanjut Uki, rencana tersebut tujuannya hanya untuk keamanan. Jika terealisasi, tangga hanya bisa dilalui pegawai Pemkot Cimahi. Sedangkan masyarakat umum bisa memanfaatkan lift.

"Yang bisa masuk tangga hanya PNS untuk menjaga keamanan. Mudah mudahan terealisasi," ujarnya.

Sedangkan untuk perbaikan keramik, akan dilakukan dari lantai satu sampai empat, khusus untuk di luar ruang Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Pasalnya, untuk perbaikan maupun pergantian interior merupakan tanggung jawab SKPD masing-masing.

Selanjutnya, yang akan diperbaiki adalah interkom atau speaker pengumuman di setiap SKPD. Sebab, beber Uki, interkom sudah lama tidak berfungsi.

"Interkom sudah mati total," ucap Uki.

Berdasarkan estimasi kasar anggaran, untuk pergantian dan perbaikan total keseluruhan yang disebutkan di atas kebutuhan anggarannya mencapat Rp 1,5 miliar.

Diakui Uki, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna terkait pergantian dan perbaikan tersebut.

"Koordinasi khususnya dengan Pak Wali untuk pengadaan sudah disampaikan," pungkasnya.

Baca Lainnya