Rabu, 9 November 2022 23:28

Inilah Atlet Jawa Barat yang Mendominasi Timnas Squash 2022

Reporter : Iman Nurdin
Dominasi atlet Jabar  pada timnas Squash memberi prestasi membanggakan.
Dominasi atlet Jabar pada timnas Squash memberi prestasi membanggakan. [Dok PSI Jabar]

Bandung (limawaktu.id),- Jawa Barat mendominasi tim nasional squash yang akan membela Tanah Air pada kejuaraan South East Asian Cup Squash Championship 2022 yang akan diselenggarakan di Malaysia (29 November - 3 Desember) dan Singapura (5 - 7 Desember). Dari total delapan orang yang diberangkatkan, lima di antaranya berasal dari provinsi yang kini dipimpin Ridwan Kamil tersebut.

Ketua pengurus provinsi Persatuan Squash Indonesia (PSI) Jawa Barat, Daud Achmad, mengatakan, lima perwakilan Jawa Barat itu terpilih berdasarkan surat keputusan PSI pusat yang ditandatangani ketua umum Sylviana Murni pada 10 Oktober kemarin. Para duta olahraga asal tatar Parahyangan itu adalah Bella Gustiansyah sebagai pelatih, serta empat pemain yakni Agung Wilant, M. Nurtastaftyan, Raifa Putri Yattaqi, dan Maudy Wafa Nadiyah.

"Keikutsertaan mereka menambah daftar atlet-atlet Jawa Barat yang memperkuat Timnas squash Indonesia," kata Daud di Bandung, Rabu (9/11).

Sebelumnya, tambah Daud, sejumlah atlet squash asal Jawa Barat pun ikut memperkuat tim nasional Indonesia dalam berbagai kompetisi internasional. Bahkan, beberapa di antaranya berhasil menyumbang medali untuk Indonesia.

"Sebelumnya ada Sandi Arisma, Ade Furqon, dan Yeni yang meraih perak di Sea Games 2015," ucapnya.

Tak hanya itu, Agung Wilant dan Ade Furqon pun menyumbangkan medali perak pada Sea Games 2017. "Di Sea Games 2019 ada Agung Wilant, Maudy Wafa Nadiyah, dan M. Faisal yang menyumbangkan perunggu. Ini jadi suatu kebanggan dan bukti pembinaan squash di Jawa Barat," ujarnya.

Menurut Daud, capaian ini tidak terlepas dari pembinaan atlet yang dilakukan. Terbaru, Jawa Barat pun berhasil menjadi juara umum pada Kejuaraan Nasional Squash 2022 yang diselenggarakan di Jakarta pada 19-23 Oktober 2022.

Dari 12 nomor dan kelompok usia yang dipertandingkan, atlet Jawa Barat berhasil meraih enam medali emas. Dalam ajang tersebut, pihaknya mengirimkan 30 atlet untuk bertanding di semua nomor.

"Kita dari Jawa Barat kirim lumayan banyak. Dari awalnya 10, jadinya 30 atlet yang bertanding," kata Daud.

Dari 12 nomor yang dipertandingkan, kata Daud, atlet Jawa Barat berhasil meraih enam emas, empat perak, dan enam perunggu. Disusul DKI Jakarta dengan empat emas, tujuh perak, dan tujuh perunggu.

"Ketiga Jawa Tengah dengan satu emas dan tiga perunggu," katanya. Daud berharap prestasi ini mampu memotivasi atlet-atlet junior agar lebih mempersiapkan diri.

"Sehingga ke depan regenerasi bisa berjalan baik," katanya.

Berikut atlet squash Jawa Barat yang berhasil medali pada Kejurnas Squash 2022 di Jakarta:
1. Agung Wilant - M. Nur Tastaftyan (emas ganda putra)
2. Raifa Putri Yattaqi - Zalzabila (emas ganda putri)
3. Raifa Putri Yattaqi (emas open putri)
4. Fariz Fauza (emas u-17 putra)
5. Saffa Raisha (emas u-15 putri)
6. Akhtar Ghaisan Z (emas u-15 putra)
7. Asya Khaira Nayara (perak u-13 putri)
8. Richard L. Mihardja (perak u-15 putra)
9. Audrey Muljo (perak u-15 putri)
10. Revalin Lusiana (perak u-19 putri)
11. Azmi Dian M (perunggu open putri)
12. Agung Wilant (perunggu open putra)
13. Mohammad Faisal (perunggu open putra)
14. Salwa Aprila (perunggu U-17 putri)
15. Rafly Khairullah (perunggu U-17 putra).

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer