Sabtu, 3 September 2022 10:50

Ini Tips Dedi Mulyadi Untuk Memberantas PMK Pada Ternak

Reporter : Iman Nurdin
- Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI Dedi Mulyadi membagikan tips agar hewan ternak terhindar dari virus PMK.
- Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI Dedi Mulyadi membagikan tips agar hewan ternak terhindar dari virus PMK. [istimewa]

Limawaktu.id - Wakil Ketua Komisi IV DPR. RI Dedi Mulyadi, menyampaikan kiat mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). PMK adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular.

Penyakit ini menyerang semua hewan berkuku belah/genap, seperti sapi, kerbau, babi, kambing, domba termasuk juga hewan liar seperti gajah dan rusa. Politisi senior partai Golkar ini menyampaikan cara memberantas PMK, yakni dengan melakukan trik pembelian sapi yang terkena PMK.

Menurutnya, langkah cepat dalam mengatasi masalah sapi yang terkena PMK, ialah dengan membeli sapi-sapi dari peternak, kemudian dimusnahkan.

“Jadi sebaiknya Kementerian Pertanian membeli sapi yang terkena penyakit PMK. Nah, sapi yang telah dibeli itu, lalu dimusnahkan,” ujar anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Dapil Jabar VII tersebut belum lama ini.

Dedi menyampaikan usulan tersebut, karena vaksin dalam negeri untuk penangan PMK baru dalam proses, sementara sapi yang sudah terkena PMK semakin banyak.

Selain itu juga diragukan tingkat kedisiplinan dari peternak, untuk tidak menjual sapi yang terkena PMK itu ke luar daerah.

“Siapa yang bisa menjamin dan mengawasi sapi dari Jatim yang terkena PMK, tidak dijual ke wilayah Jabar atau wilayah lainnya. Padahal penyakit PMK sangat cepat penyebarannya,” kata Dedi.

Dedi menandaskan pemusnahan sapi yang telah dibeli itu perlu dilakukan, untuk menenangkan keresahan publik.

“Usulan Pak Jokowi agar sapi di daerah kena PMK di-lockdown, menjadi satu alternatif. Tapi saya tak yakin, sapi-sapi itu tidak dijual ke daerah lain secara diam diam, karena pengawasan kita lemah, ” ucap Dedi.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer