Selasa, 30 April 2019 17:27

Ini Jam Kerja ASN di Kota Cimahi Saat Bulan Puasa

Reporter : Fery Bangkit 
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.
Apel Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Demang Hardjakusumah. [ferybangkit]

Limawaktu.id - Memasuki bulan Ramadhan, jam kerja Aparatur Sipil Negeri (ASN) di lingkungan Pemkot Cimahi bakal disesuaikan dengan surat edaran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Dalam surat edaran itu, jam kerja ASN dari Senin hingga Kamis masuk pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB, sedangkan untuk jam istirahatnya mulai pukul dari pukul 12.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Sementara khusus untuk hari Jumat ASN harus masuk kerja pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.30 WIB, sedangkan untuk jam istirahatnya mulai pukul 11.30 WIB hingga pukul 12.30 WIB.

Baca Juga : Pemkot Cimahi Tunggu Kebijakan Presiden Terpilih Soal Perubahan SOTK

Sekretaris Badan Pengelola Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia Daerah (BPKSDMD) Kota Cimahi, Heni Tishaeni, mengatakan, jumlah jam kerja yang efektif saat bulan ramadan di instansi pemerintahan minimal harus 32,5 jam per minggu.

"Ketentuan jam kerja saat bulan ramadan diatur oleh pimpinan pemerintahan pusat dan daerah masing-masing dengan menyesuaikan situasi dan kondisi setempat," ujarnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (29/4/2019).

Baca Juga : Adakah Dampak Benny Bachtiar dalam Lelang Jabatan Sekda Kota Cimahi?

Nantinya, kata Heni surat edaran tersebut akan ditindaklanjuti oleh Wali Kota Cimahi, Ajay Muhammad Priatna untuk diedarkan kembali ke semua ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kota Cimahi.

Menurut Heni, apabila mengacu pada surat edaran tersebut saat bulan ramadan ada pengurangan jam kerja. Biasanya ASN Pemkot Cimahi masuk pukul 07.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Baca Juga : Kelanjutan Nasib P3K di Kota Cimahi Belum Jelas

"Tapi meski surat edaran itu masuknya pukul 08.00 WIB, nanti ASN Pemkot Cimahi tetap harus masuk pukul 07.30 WIB agar pelayanan tidak terganggu," katanya.

Pihaknya memastikan pelayanan bagi masyarakat saat bulan ramadan tidak akan terganggu meski ada penyesuaian jam kerja tersebut. "Pelayanan tidak akan terganggu karena pengawasan  selama bulan ramadan akan ditingkatkan dan Walikota juga biasanya suka melakukan sidak," pungkasnya. 

Baca Lainnya