Selasa, 30 April 2019 13:27

Ini Jadwal Operasi Keselamatan Lodaya 2019 di Cimahi dan KBB

Reporter : Fery Bangkit 
Personel kepolisian dan unsur terkait lainnya menggelar apel pasukan di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Selasa (30/4/2019).
Personel kepolisian dan unsur terkait lainnya menggelar apel pasukan di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Selasa (30/4/2019). [ferybangkit]

Limawaktu.id - Operasi Keselamatan Lodaya (OKL) tahun 2019 bakal digelar serentak 3-16 Mei mendatang. Termasuk di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebagai pertanda kesiapan dalam OKL tahun ini, personel kepolisian dan unsur terkait lainnya menggelar apel pasukan di Mapolres Cimahi, Jalan Amir Mahmud, Selasa (30/4/2019).

Wakapolres Cimahi, Kompol Widi Setiawan mengatakan operasi ini digelar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tertib dalam berlalulintas dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas.

"Mengurangi kecelakaan, operasi ini juga dilakukan sebagai persiapan Operasi Ketupat dalam rangka menghadapi bulan suci Ramadan maupun lebaran nanti," ujar Widi saat gelar pasukan di Mapolres Cimahi, Selasa (30/4/2019).

Berdasarkan laporan dari Satlantas Polres Cimahi, pada Operasi Simpatik Lodaya (OSL) 2017 terjadi 6.066 pelanggaran, sementara pada tahun berikutnya jumlah pelanggaran bertambah 20 persen menjadi 7.321 di area Polres Cimahi.

Sementara jumlah kecelakaan lalulintas pada 2017 lalu terjadi 14 kecelakaan lalu lintas dengan enam korban meninggal dunia dan 16 luka ringan. Jumlah kecelakaan menurun pada 2018, yakni hanya empat kecelakaan dengan dua korban meninggal dan lima korban luka ringan.

"Targetnya kita ingin menyampaikan kepada masyarakat agar tertib dalam berlalulintas, kalau ada pelanggaran kita tegur dan ingatkan, masyarakat harus sadar bahwa keselamatan adalah kebutuhan," katanya.

Pihaknya pun akan tegas melakukan penindakan jika ada masyarakat yang tak mengikuti aturan keselamatan dalam berkendara. "Kita imbau agar masyarakat mengikuti aturan demi kelancaran dan keselamatan di jalan," tandasnya.

Baca Lainnya