Selasa, 1 Desember 2020 14:19

Ingat! Virus Korona Masih Merajalela di Cimahi

Penulis : Fery Bangkit 
Gedung Instalasi Gawat Darurat RSUD Cibabat Kota Cimahi
Gedung Instalasi Gawat Darurat RSUD Cibabat Kota Cimahi [Foto Istimewa]

Cimahi - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Sebab, pandemi COVID-19 saat ini belum berakhir.

Kepala Dinkes Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengatakan, penggunaan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga imun adalah salah satu cara terbaik saat ini untuk mencegah terpapar dari virus korona.

“Tetap disiplin protokol kesehatan karena itu cara terbaik saat ini sebelum ada vaksin. Ingat pandemi belum berakhir,” imbuhnya, Senin (31/11/2020).

Kota Cimahi sendiri saat ini masih dalam status zona merah penularan COVID-19, dimana setiap harinya selalu ada penambahan kasus sekitar 10 orang.

Tercatat hingga saat ini sudah ada 1.085 orang. Rinciannya, sebanyak 738 sudah dinyatakan sembuh, sebanyak 317 masih terkonfirmasi positif serta 30 orang meninggal dunia.

Pratiwi menjelaskan, dari ribuan kasus tersebut, mayoritas disumbang dari kluster keluarga. Kemudian baru-baru ini juga muncul kluster pesantren, kluster industry dank kluster kegiatan keagamaan.

“Sekitar 60 pesen itu kluster keluarga,” ucapnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Cimahi, Ngatiyana meyakini jika masyarakat disiplin menerapkan protokol kesehatan, penularan virusnya bisa diantisipasi. Kerja tenaga medis akan lebih ringan jika virus ini bisa dikendalikan dan diantisipasi bersama-sama.

"Kasian tenaga medis, dokter dan sebagainya. Apalagi informasinya rumah wakit mulai penuh," ujar Ngatiyana.

Ia juga menyoroti soal kerumunan massa.Ditegaskan Ngatiyana, kegiatan apapun itu jangan sampai membuat kerumunan yang nantinya malah berujung pada penularan virus korona. Ia mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama menerapkan protokol kesehatan.

Baca Lainnya