Jumat, 31 Maret 2023 7:30

Industri Film di Jawa Barat Harus Jadi Sumber Ekonomi dan Diplomasi Budaya

Reporter : Iman Nurdin
Film harus menjadi industri kreatif dan alat diplomasi budaya
Film harus menjadi industri kreatif dan alat diplomasi budaya [Istimewa]

Bandung, Limawaktu.id, -- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendorong industri film semakin maju sehingga menjadi sumber ekonomi dan dijadikan diplomasi budaya tingkat tinggi.

Hal itu dikatakan Ridwan Kamil usai menghadiri Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat di Gedung TVRI Jabar, Kota Bandung, Kamis (30/3/2023).

"Mudah-mudahan kita bisa menyusul Korea Selatan menggunakan film sebagai sumber ekonomi dan juga diplomasi budaya lebih tinggi," imbuhnya.

Ridwan Kamil merupakan sosok kepala daerah yang mencintai dunia industri film. Maka dari itu, ia memperjuangkan ekonomi kreatif (ekraf) di bidang industri film maju dan berkembang.

Ha itu pun dibuktikan dengan menggandeng Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) untuk menggelar kegiatan Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat.

"Saya sangat senang sebagai pecinta film, juga suka main film ingin mendorong ekraf maju di Jawa Barat, makanya bikin Festival Film Pendek Piala Gubernur Jawa Barat yang dikelola oleh PARFI," ujarnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil menilai penyelenggaraan kegiatan tersebut dapat menghadirkan hasil karya film yang inovatif dan keren. 

"Luar biasa, hasilnya bagus-bagus, terharu, dan ternyata kreativitas zaman sekarang luar biasa," tutur Kang Emil. 

"Tahun depan, insyaallah lebih maju dan keren, ini pertama kali dan saya dukung. Terima kasih TVRI menjadi tuan rumah kegiatan ini," tutupnya.

Baca Lainnya