Selasa, 13 Februari 2018 17:41

Indo Barometer: Kepuasan Publik Jabar Terhadap Kinerja Aher Rendah

Ditulis Oleh Jumadi Kusuma
Asep Saepudin, Peneliti IndoBarometer saat Konferensi Pers Dinamika Survey Jawa Barat di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung.
Asep Saepudin, Peneliti IndoBarometer saat Konferensi Pers Dinamika Survey Jawa Barat di Hotel Savoy Homan, Kota Bandung. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Secara umum kepuasan publik terhadap kinerja Ahmad Heryawan sebagai Gubernur Provinsi Jawa Barat sebesar 49,8 %, yang tidak puas 26,5 % dan yang tidak tahu sebanyak 23,7 % demikian hasil survey Indo Barometer yang dilakukan di wilayah Provinsi Jabar pada tanggal 20 - 23 Januari 2018.

Alasan publik puas terhadap kinerja Aher karena pendidikan gratis (11,8 %) dan pembangunan merata (10,8 %), sedangkan alasan ketidakpuasan publik adalah karena masih banyak pengangguran (15,6 %) dan hasil kerjanya belum kelihatan (15,6 %).

Hasil survey tersebut menurut Peneliti Indo Barometer Asep Saepudin tergolong rendah jika dikaitkan dengan masa jabatan Aher selama dua periode.

"Kalau dilihat dua periode menjabat sebagai Gubernur Jabar tingkat kepuasan yang tergolong kecil. Tingkat kepuasan itu ada karena masyarakat tidak semua tidak puas cuman kategori kecil, jika dikaitkan dengan masa jabatan yang hampir penuh mestinya menjadi evaluasi buat Pak Aher", jelas Asep saat konferensi pers Dinamika Survey Jawa Barat bertempat di Hotel Savoy Homan Kota Bandung, Selasa (13/2/18).

Survey tersebut dilakukan di wilayah Provinsi Jawa Barat pada tanggal 20 - 23 Januari 2018 dengan jumlah responden sebanyak 800 orang dengan margin of error 3,46 % dan tingkat kepercayaan 95 %. Adapun metodelogi yang digunakan adalah multistage random sample dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner.