Senin, 1 November 2021 15:08

Imbas Pembangunan Perumahan, Kampung Sukamulya Diterjang Banjir

Reporter : Bubun Munawar
Warga Kampung Sukamulya dan Sukamaju, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihantui rasa takut jika hujan deras.
Warga Kampung Sukamulya dan Sukamaju, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihantui rasa takut jika hujan deras. [Istimewa]

Limawaktu.id,- Hampir Lima tahun warga Kampung Sukamulya dan Sukamaju, Desa Padalarang, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dihantui rasa takut jika hujan deras. Pasalnya setiap kali hujan deras di pemukiman warga pasti terjadi Banjir.

Warga setempat, Ali Jayadiningrat menyebutkan, selokan tak mampu menampung air kiriman diduga imbas pembangunan perumahan Graha dan Bumi Asri yang berada di atas kampungnya.

“Diperkirakan dampak dari adanya pembangunan Perumahan Graha, dan Bumi Asri yang berada di atas, " jelas Ali, dikutip Ragam Daerah, Senin (1/11/2021).

Menurutnya, warga pernah melaporkan hal itu ke Pemerintahan Desa setempat, Dinas PUPR cuman gak ada kelanjutannya. Melalui instagram Plt bupati, kontak langsung gak ada jawaban.
"Kami bertanya harus kemana lagi mengadu, " kata Ali.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD KBB, Inen Sutisna menyarankan warga setempat untuk membuat surat pengaduan kepada Komisi I dan III, sehingga dewan bisa mengundang dinas terkait juga pengembang perumahan.

“Setiap pembangunan perumahan sebelum ada izin (IPT/izin lokasi) harus ada AMDAL dulu dari Dinas Lingkungan Hidup. Kejar dia. Kejahatan lingkungan itu lebih berat. Libatkan LSM/Ormas,” kata Pengamat, Djamu Kertabudhi.

Sementara, Ketua Karang Taruna Kabupaten Bandung Barat, Ujang Rohman menyebutkan, penanganan banjir ada di wilayah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB melalui dana tanggap daruratnya. Pihak pengembang perumahan harus bertanggung jawab terhadap efek banjir yang ada di sekitar perumahaan.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer