Rabu, 23 Januari 2019 16:28

IMB Keluar, Gunung Gajah Langu Semakin Bebas Digunduli Pengembang

Reporter : Fery Bangkit 
Gunung Gajah Langung, di atas Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.
Gunung Gajah Langung, di atas Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - kerusakan lingkungan di Gunung Gajah Langung, tepatnya di atas Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi semakin parah dan meluas.

Pasalnya, pihak pengembang perumahan Griya Asri Cireundeu yakni PT Nut Mandiri Jaya Property menambahkan luas area gunung untuk digunduli menggunakan alat berat. Gunung yang tadinya hijau oleh pepohonan pun berubah menyisakan tanah yang memerah. Total lahan yang digunduli mencapai 6,3 hektare.

Baca Juga : Yuk Intip Cara Warga Kampung Adat Cireundeu Gelar Upacara Tutup Tahun Sunda Saka

Sebetulnya, pihak pengembang sudah memulai proyek perumahan itu sejak awal 2018. Namun, proyek dihentikan sementara lantaran belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Pemerintah Kota Cimahi. 

Selang beberapa bulan, IMB Griya Asri Cireundeu pun dikeluarkan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Cimahi. Tepatnya Oktober 2018, yang saat itu masih dipimpin Meity Mustika sebagai Kepala DPMPTSP.

Baca Juga : Kabar Terbaru Soal Pembangunan Perumahan di Kampung Adat Cireundeu

"Semua prosedur sudah ditempuh dan persyaratan lengkap. Saat itu yang mengeluarkan izin Ibu Meity yang masih menjabat pada saat itu," ujar Hella Haerani, Kepala DPMPTSP Kota Cimahi saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (23/1/2019).

Pihak pemohon, yakni PT Nur Mandiri Jaya Property diklaim sudah memenuhi kelengkapan penertiban IMB. Seperti permohonan, SOP, persyaratan atau rekomendasi yang sudah ditempuh seperti izin prinsip, sosialisasi warga tidak keberatan dari warga, site plan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), rekomendasi UPL/UKL dari Dinas Lingkungan Hidup, rekomendasi Andalalin dari Dinas Perhubungan dan kepolisian, rekomendasi Damkar dari Satpol PP dan Damkar serta penyerahan lahan TPU ke Pemerintah Kota Cimahi.

"Ini persyaratannya. Pemohon sudah memenuhi syarat," kata Hella.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer