Rabu, 19 Agustus 2020 18:02

IKEA Kota Baru Parahyangan Ditargetkan Buka 2021, Aa Umbara Minta Prioritaskan Pekerja Lokal

Reporter : Fery Bangkit 
Pihak IKEA Kota Baru Parahyangan Secar Simbolis Memberikan Bantuan Sembako untuk Warga KBB Melalui Bupati Aa Umbara
Pihak IKEA Kota Baru Parahyangan Secar Simbolis Memberikan Bantuan Sembako untuk Warga KBB Melalui Bupati Aa Umbara [Foto Istimewa]

Bandung Barat - Perusahaan ritel IKEA Kota Baru Parahyangan, Kabupaten Bandung Barat (KBB) ditargetkan beroperasi pertengahan 2021. Pembangunan ritel asal Swedia tersebut sudah dimulai sejak tahun 2019.

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meminta setelah beroperasi nanti IKEA bisa menyerap tenaga lokal asal KBB. Khususnya di wilayah ritel tersebut dibangun. Yakni Desa Kertajaya, Desa Cipeundeuy dan Desa Cimerang.

"Iya yang diprioritaskan warga setempat sesuai keahliannya, gak akan keluar dulu (cari pekerja luar daerah). Kalau gak ada (sesuai spesifikasi) cari di luar," kata Aa aumbara saat ditemui di Lembang, Rabu (19/8/2020).

Selain pekerja, kata Aa Umbara, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal KBB juga dipastikan akan diberikan lapak di IKEA Kota Baru Parahyangan jika sudah beroperasi nanti.

Dengan begitu, dirinya berharap UMKM asal wilayahnya semakin berkembang dan penjualannya meningkat. "Nanti UMKM di pasarkan di sana. Tapi kita mengikuti cara IKEA," sebut Aa Umbara.

Dalam kesempatan tersebut, secara simbolis Aa Umbara menerima paket bantuan kebutuhan pokok dari IKEA yang akan diserahkan kepada masyarkat KBB yang membutuhkan. Tercatat ada sekitar 500 paket yang akan dibagikan.

"500 paket sembako disalurkan untuk orang yang membutuhkan. Mudah-mudahan bermanfaat ditengah pandemi yang masih berjalan," ujar Aa Umbar.

Dikatakannya, akibat pandemi virus korona atau Covid-19 ini warga miskin baru di KBB bertambah. Nantinya bantuan tersebut akan disalurkan melalui kecamatan dan pemerintah desa.

Store Manager IKEA, Diva Yohana menambahkan, sejauh ini proses pembangunan berjalan lancar meski ditengah pandemi virus korona. Pembangunan dilakukan dengan menekankan protokol kesehatan dan keselamatan kerja.

"Pertengahan tahun 2021 udah buka. Persiapan awal tahun sudah baik," ujarnya.

Dikatakannya, rencananya IKEA Kota Baru Parahyangan akan menyerap sekitar 300 tenaga kerja. Pihaknya berjanji akan memprioritaskan pekerja lokal yang sesuai dengan kualifikasi pekerjaan.

"Kemudian untuk UMKM, kami sudah ada komitmen 10 persen untuk UMKM setempat," tandasnya.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer