Minggu, 14 Agustus 2022 9:10

IKA Ingin Ciptakan Sinergitas dengan USU Menuju Kualitas International

Reporter : Bubun Munawar

Limawaktu.id,- Untuk lebih meningkatkan lagi sinergitas antara alumni Universitas Sumatera Utara (USU), para alumni yang tersebar di Jawa Barat membentuk Ikatan Keluarga Alumni USU (IKA USU), yang pengurusnya dilantik di Aula Gedung A Pusat Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah Kota Cimahi, pada Sabtu (13/8/2022).

Selain dihadiri Ketua Umum IKA USU Romo HR Muhamad Syafil,  Rektor USU Muryanto Amin, juga Ketua Komnas HAM  Ahmad Taufan Damanik.

Ketua IKA USU Wilayah Jawa Barat Hj. Ummi Kalsum mengungkapkan, Pelantikan Pengurus  IKA USU Wilayah Jawa Barat  ini akan melaksanakan tugasnya selama Masa Bakti 2022-2026.

“Kami akan fokus dalam menjaga soliditas para alumni USU yang ada di Jawa Barat yang jumlahnya ada lebih dari seratus orang,” ungkapnya, disela kegiatan Pelantikan.

Selain pelantikan juga ada  ramah tamah dengan Rektor USU dan Ketua Komnas HAM yang juga alumnus USU. Pihaknya sampai saat ini belum terlalu jauh mendeteksi berapa jumlah lulusan USU yang ada dan berkiprah di Jawa Barat.

“Dalam perjalannya, IKA USU ini ingin menjadikan para alumni bisa lebih  kompak dan bersinergi dengan universitas dan fakultas, sehingga  kualitas lulusan USU  akan lebih  terangkat,” jelasnya.

Tak hanya itu, kata dia, IKA USU Wilayah Jawa Barat juga sedang membantu tempat tinggal  para alumni yang melanjutkan kuliah di S2 maupun S3 di Jawa Barat.

“Kami menyiapkan tempat tinggal bagi alumni yang melanjutkan kuliah S2 maupun S3 di Jawa Barat ini,” paparnya.

Untuk aktivitas IKA USU di Jawa Barat, saat ini sudah bergerak dibidang sosial, seperti saat terjadi  musibah IKA USU mencoba memberikan bantuan kepada korban dan  masuk ke kampung-kampung  memberikan bantuan.

“Dibidang pendidikan juga kami sudah memberikan pendidikan karakter bagi warga yang kurang mampu agar bisa mengantarkan kesuksesan bagi dirinya serta mencetak pribadi yang jujur, “ bebernya.

Sejalan dengan harapan Rektor USU, para alumni juga akan turun ke desa-desa seperti yag dilakukan mahasiswa KKN, untuk membantu desa, apa kekurangan yang ada di  desa, “ imbuhnya.

Ketua Umum IKA USU, Romo HR Muhamad Syafil mengatakan, para alumni USU yang berada di wilayah Jawa Barat ini diharapkan bisa berperan aktif  memberikan sumbangsihnya bagi kemajuan di Jawa Barat, serta kepada almamaternya.

“Sudah ada pengakuan dari Wali Kota disini akan kiprah alumni USU ini,” katanya.

Sedangkan Rektor USU Muryanto Amin menjelaskan, Pelantikan IKA Wilayah Jawa Barat ini bisa memberikan ranah baru dan diharapkan bisa memberikan solusi-sulusi yang ada di Jawa Barat. Melalui program yang ada, apa yang menjadi keinginan IKA ini bisa tersalurkan.

“Dengan adanya IKA ini apa yang mejadi keinginan para alumni bisa tersalurkan sehingga masing-masing memiliki kontribusi,” pungkasnya.

 

 

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer