Selasa, 4 Desember 2018 17:26

Hut ke-73, Pusdik Armed Pamerkan Alutsista Baru

Reporter : Fery Bangkit 
Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, disela-sela acara HUT Pusdik Armed ke-73, di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018).
Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, disela-sela acara HUT Pusdik Armed ke-73, di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018). [Fery Bangkit/Limawaktu]

Limawaktu.id - Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed) bakal terus melakukan modernisasi terhadap sistem persenjataan (Alutsista).

Moderinisasi akan dilakukan yakni dengan meng-upgrade sistem pengendalian dan penembakan pada meriam lama dari sistem manual menjadi sistem komputerisasi.

Saat ini, kata dia, modernisasi alutsista yang sedang dilakukan yakni melengkapi kesisteman Meriam 155 MM/GS Caesar dan Rocket MLRS Astros II MK 6 yang sudah dioperasionalkan.

"Sekarang proses modernisasi sedang berjalan," kata Danpussenarmed, Brigjen TNI Dwi Jati Utomo, disela-sela acara HUT Pusdik Armed ke-73, di Pusdik Armed, Jalan Baros, Kota Cimahi, Selasa (4/12/2018).

Selain itu, kini Pusdik Armed juga telah memiliki alutsista baru yang berkelas dunia. Alutsista baru itu diantaranya, Meriam 155 MM/GS Caesar buatan Francis yang sudah dioperasionalkan di Yonarmed 9 dan Yonarmed 12 Kostrad.

Selain itu, Pusdik Armed juga memiliki Rocket MLRS Astros II MK 6 buatan Belgia yang sudah dioperasionalkan di Yonarmed 1 dan Yon Armed 10 Kostrad serta Meriam M109 A4 BE buatan Amerika yang saat ini dalam proses uji fungsi dan uji terima.

Saat ini kita memiliki alutsista yang canggih. Disini (Pusdik Armed) melahirkan parjurit-prajurit terbaik untuk mengoperasionalkan meriam terbaru kita," ujarnya.

Ia mengatakan, pengadaan Meriam 155 MM/GS Caesar itu untuk Yonarmed 20 Tjamplong dan Rai Armed Yon Mandala Yudha dan untuk Rai Armed Gardapati.

"Selain itu, saat ini juga kita sedang melengkapi kesisteman Meriam 155 MM M109A4 BE dalam rangka proses rematerialisasi Meriam 155 MM/GS Caesar Yonarmed 4 dan Yonarmed 7," tandasnya.

Baca Lainnya