Kamis, 28 Februari 2019 16:36

Hujan Semalam, Rumah Warga di KBB Menggantung di Bibir Tebing

Reporter : Fery Bangkit 
Bencana longsor menimpa Kampung Cilame, Desa Puncak Sari, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Bencana longsor menimpa Kampung Cilame, Desa Puncak Sari, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB). [limawaktu]

Limawaktu.id - bencana longsor menimpa Kampung Cilame, Desa Puncak Sari, Kecamatan Sindangkerta, Kabupaten Bandung Barat (KBB). Longsor itu dipicu hujan deras yang terjadi pada Rabu (27/2/2019) malam.

Akibat longsoran itu, sejumlah rumah milik warga mengalami kerusakan yang cukup parah. Tercatat ada dua rumah milik Iyos dan Nandang yang mengalami rusak parah akibat tertimbun material longsor. Sementara lima unit rumah lainnya juga terancam ambruk karena pondasi bangunannya sudah menggantung di bibir tebing.

Baca Juga : Sawah Longsor, Petani di KBB Rugi Rp 150 Juta

"Allhamdulilahnya gak ada korban jiwa," tutur Jejen, salah seorang warga sekitar, Kamis (28/2/2019).

Ia menuturkan, longsor ini terjadi akibat hujan deras yang terjadi sepanjang malam tadi. Hujan deras itu mengakibatkan tanah labil dan akhirnya longsor sekitar pukul 04.00 WIB pagi tadi. Khawatir ada longsor susulan, warga memilih untuk mengungsi sementara.

Baca Juga : Nyangkut di Pohon Pisang, Euis Selamat dari Timbunan Longsor

"Iya warga was-was juga ada longsor susulan. Untuk sementara ngungsi dulu," ujarnya.

Danramil Sindangkerta, Kapten Inf Furkon menuturkan, pihaknya menerjunkan personel TNI untuk membantu penanggulangan bencana longsor di Sindangkerta, KBB. Menurutnya, ada enam Kepala Keluarga (KK) dengan 25 jiwa yang terkena dampak longsor itu.

"Untuk yang terancam ada 4 (empat) rumah. Sebagai antisipasinya kami bekerja dengan karya bakti," katanya.

Baca Lainnya