Jumat, 2 November 2018 15:32

Hujan Semalam, 25 Rumah di KBB Rusak Ringan dan Berat 

Reporter : Fery Bangkit 
Salah satu rumah warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mengalami kerusakan akibat hujan deras yang terjadi Kamis (1/11/2018) malam.
Salah satu rumah warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang mengalami kerusakan akibat hujan deras yang terjadi Kamis (1/11/2018) malam. [istimewa]

Limawaktu.id, Bandung Barat - Sebanyak 25 unit rumah warga di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan akibat hujan deras yang terjadi Kamis (1/11/2018) malam.

Rinciannya, 22 rumah itu berada di Kampung Cihantap, Desa Puncaksari, Kecamatan Sindangkerta, KBB. Kerusakan dibermula dari pergerakan tanah yang terjadi di lahan pertanian dan pemukiman warga.

Baca Juga : Rumah Warga di Belakang Pemkot Cimahi Ambruk Total, Ajay Bilang Begini

"Hasil pendataan sementara, ada 22 rumah warga yang mengalami retak pada bagian dinding dan lantai rumah warga," terang Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana saat dihubungi via sambungan telepon, Jum'at (2/11/2018).

Kemudian, satu unit rumah milik Erus di Tanah Longsor Kampung Jeunjing RT 02/17 Desa Cicangkang Girang Kecamatan Sindangkerta, KBB. Rumah yang dihuni 11 jiwa itu mengalami kerusakan yang cukup berat.

Baca Juga : Pesona Alam Residence Longsor, Dihajar Air Deras

Selanjutnya, ada rumah milik Yeyen di Kampung Celak RT 03/09, Desa Celak, Kecamatan Gunung Halu, kabupaten Bandung Barat mengalami rusak berat akibat tertimpa longsoran tebing, Kamis (1/11/2018) malam.

Bangunan itu pada bagian depan, dindingnya jebol akibat tertimpa longsoran tebing, sehingga tembok yang telah hancur tersebut masuk ke dalam rumah dan dipenuhi potongan-potongan tembok yang cukup besar.

Baca Juga : Sedang Pancaroba, BMKG Bandung Minta Warga Tingkatkan Kewaspadaan

Beruntung saat kejadian atau saat dinding rumah tersebut jebol tidak menyebabkan adanya korban jiwa, meskipun bangunan itu dihuni oleh lima orang karena mereka berhasil keluar dari bangunan tersebut.

Terakhir, ada kejadian pohon tumbang yang menimpah satu rumah milik Amid di Kampung Celak Kaler RT 04/09 Desa Celak Kecamatan Gunung Halu.

Baca Juga : Rumahnya Amblas, Begini Kabar Keluarga Wandi di KBB

Dicky mengatakan, saat ini tim BPBD dan aparatur kewilayahan telah melakukan assessment atau kaji cepat ke lokasi dampak bencana dan warga setempat telah melaksanakan gotong royong untuk pembersihan material longsoran, namun karena volume longsoran besar dibutuhkan alat berat.

Namun untuk memberikan bantuan, pihaknya tidak bisa memberikan secara langsung, karena BPBD tidak menyediakan anggaran untuk diberikan langsung kepada masyakarat.

"Jadi nanti aja direkapitulasi, baik itu rumah rusak ringan maupun berat. Nanti mereka akan mendapat bantuan stimulan setelah kami rekap dan datanya akan kami serahkan ke pemerinyah," kata Dicky.

Baca Lainnya