Jumat, 5 April 2019 13:33

Hujan Deras Semalam, Puluhan Rumah di Karyamukti Rusak Berat

Reporter : Fery Bangkit 
Longsoran akibat hujan deras di Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) 
Longsoran akibat hujan deras di Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB)  [ferybangkit]

Limawaktu.id - Sebanyak 60 rumah di Desa Karyamukti, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami kerusakan pada Kamis (4/4/2019) malam. Puluhan rumah itu dihantam longsoran akibat hujan deras.

Kepala Desa Karyamukti, Sutisna menuturkan, hujan mulai mengguyur sekitar pukul 17.00 WIB. Hujan pun semakin deras menjelang malam. Sekitar pukul 21.00 WIB, ia mendapat laporan dari masyarakat adanya beberapa kejadian bencana alam itu.

Baca Juga : Hujan Semalam, Rumah Warga di KBB Menggantung di Bibir Tebing

"Jam 9 (malam) itu masih hujan. Saya terima laporan dari masyarakat, dan data sementara ada 60 rumah yang rusak," terangnya saat ditemui di Desa Karyamukti, Jumat (5/4/2019).

Rumah warga yang rusak terkena longsoran.

 

Baca Juga : Longsor dan Tembok Roboh Lukai Lima Warga Cisarua Bandung Barat

Dikatakannya, dari total 8 Rukun Warga (RW) di Karyamukti, ada 7 RW yang terkena dampak longsoran itu. Dari sekitar 60 rumah yang terdampak, sekitar 10 rumah di antaranya dilaporkan mengalami rusak berat.

"Hanya di RW 5 yang gak kena dampaknya. Sementara, baru 10 rumah yang rusak parah, sisanya rusak sedang dan rusak ringan," bebernya.

Baca Juga : Alhamdulillah, Satu Keluarga Lolos dari Longsoran Semalam

Sementara itu, Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Duddy Prabowo mengimbau agar masyarakat senantiasa selalu waspada. Sebab, curah hujan diprediksi masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Dinding rumah warga rusak akibat terkena longsoran.

"Berdasarkan informasi BMKG, dalam 5 hari ke depan masih hujan tinggi. Kami imbau senantiasa waspada, terutama di selatan," imbuhnya.

Baca Lainnya