Kamis, 14 September 2023 21:04

Himperra Jadi Barometer Penyediaan Hunian Berkualitas

Penulis : Iman Nurdin
 Yudho Arlianto terpilih menjadi Ketua DPD Himperra Jabar periode 2923-2027.
Yudho Arlianto terpilih menjadi Ketua DPD Himperra Jabar periode 2923-2027. [Iman]

Limawaktu id --  Musyawarah Daerah Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) Jawa Barat memilih Yudho Arlianto terpilih menjadi Ketua DPD Himperra Jabar,  periode 2023-2027 mendatang.

Musda yang berlangsung di Hotel Papandayan, Kamis (14/9/23), diikuti ratusan anggota Himperra dari 5 DPC di Jabar.

Pada Musda kedua ini, DPD Himperra Jabar diamanahi untuk menjadi asosiasi dengan barometer dalam penyediaan produk hunian yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

"Kami akan mengembangkan perumahan rakyat dan berharap bisa menjadi asosiasi yang juga barometer dalam penyediaan rumah hunian yang  tepat sasaran , berkualitas dan tepat sasaran, " kata Yudho di sela Musda. 

Menurut Yudho, hingga September 2023, sudah 160 ribu unit perumahan rakyat dibangun secara nasional dan 30 persen dari target terpenuhi berada di Jabar.

"Targetnya hingga akhir tahun bisa mencapai 220 ribu unit," kata dia.

Yudho mengatakan, Himperra Jabar kini sudah memiliki lima DPC. Dari Lima DPC tersebut, semua lokasi masih berpotensi di bangun perumahan rakyat bersubsidi. Dia mencontohkan di Bogor, Depok Sukabumi, Bekasi, dan Pangandaran.

"Kontribusi paling banyak untuk perumahan bersubsidi ada di Bogor, Bekasi dan Karawang," ujarnya.

Sementara, lanjut Yudho, di kota Bandung Kalau di Kota Bandung tidak memungkinkan, karena keterbatasan lahan. Paling mungkin adalah apartemen," kata Yudho.

Adapun tantangan yang selama ini dihadapi Himperra, yakni regulasi mulai dari kuota hingga penyederhanaan perizinan. Belum lagi kaitannya dengan tata ruang yang berbenturan dengan tata ruang pertanian.

"Kalau soal suku bunga, saya rasa untuk perumahan rakyat itu sama semua. Jadi tidak ada masalah," kata dia.

Baca Lainnya

Topik Populer

Berita Populer