Selasa, 1 Juni 2021 14:49

Hengky Ajak Milenial KBB Gabung di Satgas Kebencanaan

Reporter : Wawan Gunawan
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan [Istimewa]

Limawaktu.id,- Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengajak milenial di Kabupaten Bandung Barat untuk ikut bergabung menjadi “ Milenial Rescue Indonesia “ SATGAS KEBENCANAAN.

Menurutnya, Indonesia memang dikenal sebagai daerah yang rawan akan bencana alam. Mulai dari gempa bumi, banjir, tsunami, gunung meletus, tanah longsor hingga angin puting beliung. Salah satunya adalah Sesar Lembang.

“Sesar Lembang dianggap sebagai potensi bencana. Oleh sebab itu Milenial Rescue Indonesia hadir untuk mengajak generasi muda Bandung Barat untuk menjadi agen-agen penanggulangan bencana, baik pada pra bencana, saat tanggap darurat, maupun pascabencana, dan tugas-tugas penanganan permasalahan sosial lainnya yang terkait dengan penanggulangan bencana,” ungkap Hengky, Selasa (1/06/2021).

Dalam  Milenial Rescue Indonesia tersebut dilakukan edukasi kepada masyarakat akan potensi bencana yang ada, selain memberikan pengalaman tambahan bagi para peserta.

“Kami memanggil Putra-Putri terbaik Bandung Barat untuk bergabung bersama “ Milenial Rescue Indonesia “ SATGAS KEBENCANAAN,” tuturnya.

Sebelumnya, saat berkunjung ke BMKG Bandung beberapa waktu lalu , Plt  Bupati Bandung Barat Hengky mengungkapkan, Banyak informasi yang  dipelintgir soal potensi gempa dari Sesar Lembang. Ada kabar Sesar Lembang akan terjadi 2021.

Menurut dia, Sesar Lembang pernah melepaskan energi besar pada tahun 1600-an. Berdasarkan perumusan periode ulang sesar Lembang, akan muncul gempa yang sama itu sekitar 500 tahun sekali. Jadi kalau dihitung dari tahun 1600 ditambah 500 tahun, ya jadi tahun 2100 itu hitungan kasarnya.

Henky menyebutkan, potensinya bisa terjadi tahun 2075, bisa jadi tahun 2125. Jadi 2100 itu masih kasar, menurut penjelasan Pak Rasmid dari BMKG. Jadi tidak benar kalo Gempa sesar lembang pasti akan terjadi di tahun 2021.

"Tidak ada yang pernah tahu kapan gempa itu akan terjadi. Yang penting kita selalu meningkatkan kewaspadaan," papar dia.

 

Baca Lainnya