Sabtu, 24 Februari 2018 16:26

Hasil Panen Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Pokok, Cimahi Masih Andalkan Pasokan

Reporter : Fery Bangkit 
Lahan Pertanian Kota Cimahi.
Lahan Pertanian Kota Cimahi. [Limawaktu]

Limawaktu.id,- Meski memiliki keterbatasan lahan pertanian, realisasi peningkatan hasil panen padi di Kota cimahi terus diupayakan Pemerintah Kota Cimahi.

Target terdekat, Pemerintah Kota Cimahi berharap realisasi panen padi dari Januari hingga Maret 2018 bisa mencapai 70 hektare, dari sekitar 137 hektare lahan tani di Cimahi.

"Iya kalau upaya terus kita lakukan. Salah satunya dengan upaya mempertahankan lahan pertanian yang tersisa saat ini," ujar Kepala Bidang Pertanian Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Cimahi, Mita Mustikasari, Sabtu (24/2/2018).

Dari target tiga bulan realisasi panen padi di Kota Cimahi, baru terealisasi 11 hektare. Kecamatan Cimahi Utara menyumbang 6 hektare, Cimahi Selatan 5 ton sementara Cimahi tengah belum memasuki masa panen.

"Kalau 1 hektare itu hasilnya bisa sampai 6,5 ton," terang Mita. Namun, hasil panen padi di Kota Cimahi selama ini tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan pokok sekitar 600 ribu jiwa penduduk Cimahi.
Alhasil, untuk memenuhi kebutuhan beras, Kota Cimahi masih mengandalkan pasokan dari wilayah tetangga. Seperti Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

"Iya hanya cukup untuk kebutuhan pribadi. Kalau di jual paling ke warga sekitar," tandas Mita.

Baca Lainnya